Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MAHFUZHAT MATERI FIL HIMMAH MELALUI METODE RESITASI (Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo)



ABSTRAK

KAKU, MARSITA N. Nim: 08 101 571, Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Mahfuzhat Materi Fil Himmah Melalui  Metode Resitasi (Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo). Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Pembimbing (1) Dra. Satria M.A. Koni, M.Pd, (2) Mohamad Paputungan, M.Si.

Kata-kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Mahfuzhat, Hafalan

Skripsi ini membahas tentang “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Mahfuzhat Materi Fil Himmah Melalui  Metode Hafalan (Penelitian pada Peserta Didik Kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo)”, dengan mengemukakan permasalahan, yakni: Bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Mahfuzhat Materi Fil Himmah melalui  Metode Hafalan pada peserta didik Kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Mahfuzhat materi Fil Himmah melalui  metode hafalan pada peserta didik Kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo
Sebagai suatu penelitian tindakan, metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini mengikuti alur Penelitian Tindakan Kelas (classroom based acton research) dengan tujuan untuk mewujudkan suatu perbaikan pada aktivitas belajar dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif. Kegiatan penelitian meliputi (1) Perencanaan (planning), (2) Tindakan (acting), (3) Observasi (observing), dan (4) Refleksi (reflecting). Proses penelitian terdiri dari 3 (tiga) siklus yang dilakukan secara daur ulang dari siklus I (pertama), II (kedua) dan III (ketiga).
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: SIKLUS I: peserta didik yang memperoleh nilai antara 85-90 sebanyak 1 siswa (5,8 %), memperoleh nilai antara 80-84 sebanyak 7 siswa (41,2 %), memperoleh nilai antara 75-79 sebanyak 1 siswa (5,8 %), memperoleh nilai antara 70-74 sebanyak 3 siswa (17,6 %), dan yang memperoleh nilai antara 65-69 sebanyak 5 siswa (29,4 %). Artinya peserta didik yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 47,05 %; SIKLUS II: peserta didik yang memperoleh nilai antara 85-90 sebanyak 3 siswa (17,6 %), memperoleh nilai antara 80-84 sebanyak 9 siswa (52,9 %), memperoleh nilai antara 75-79 sebanyak 3 siswa (17,6 %), memperoleh nilai antara 70-74 sebanyak 2 siswa (11,7 %). Artinya jumlah prosesntase peserta didik yang tuntas meningkat sebanyak 12 siswa atau 70,6 %; SIKLUS III: peserta didik yang memperoleh nilai antara 85-90 sebanyak 6 siswa (35,3 %), dan yang memperoleh nilai antara 80-84 sebanyak 11 siswa (64,7 %), artinya siswa Kelas XI Keagamaan semuanya telah tuntas belajar Mahfuzhat.
Dengan demikian maka upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Mahfuzhat melalui Metode Hafalan dapat dicapai, khususnya pada Kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo.




DAFTAR PUSTAKA


Anang (2010). One Minute Before Teching, Strategi Membangun Atmosfir Pembelajaran yang Dinamis dan Sarat Makna, Cet. I, Bandung : Alfabeta.

Aqib, Zainal (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Cet. V, Bandung : Yrama Widya.

Azra, Azyumardi (2002). Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. IV, Jakarta : PT. Logos Wacana Ilmu

Departemen Agama RI, (2003). Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Agama RI (2003). Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Agama RI (2001). Pola Pembelajaran di Pesantren, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.

Ezmir (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Cet. V, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

J. Moleong, Lexy (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XIII, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lundeto, Adri (2010). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Manado : Khazanah Imu Press STAIN Manado.

Munawwir, Ahmad Warson (1997). Kamus Al-Munawwar Arab-Indonesia, Indonesia-Arab, Edisi Kedua, Surabaya: Pustaka Progresif.

Munthe, Bermawie (2010). Desain Pembelajaran, Cet. X, Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Nasution, S. (2010) Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Cet. XIV, Jakarta : Bumi Aksara.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.

Suyadi (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.
Uno, Hamzah, dkk (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: MQS Publishing.

Usman, Moh. Uzer & Setiawati, Lilis (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Cet. II, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Wijaya, Cece (2001). Pendidikan Remedial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia, Cet. III, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Yayasan Alkhairaat (2004). Kurikulum Madrasah Aliyah Alkhairaat, Palu : Majelis Pendidikan PB Alkhairaat.

 

No comments:

Post a Comment