ABSTRAK
KAKU, MARSITA N.
Nim: 08 101 571, Peningkatan
Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Mahfuzhat Materi Fil Himmah
Melalui Metode Resitasi (Penelitian pada
Peserta Didik Kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota
Gororntalo). Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Jurusan
Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Pembimbing (1) Dra.
Satria M.A. Koni, M.Pd, (2) Mohamad Paputungan, M.Si.
Kata-kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Mahfuzhat, Hafalan
Skripsi ini membahas tentang “Peningkatan Hasil
Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Mahfuzhat Materi Fil Himmah Melalui Metode Hafalan (Penelitian pada Peserta Didik
Kelas XI Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo)”, dengan
mengemukakan permasalahan, yakni: Bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada Mata Pelajaran Mahfuzhat Materi Fil Himmah melalui Metode Hafalan pada peserta didik Kelas XI
Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada Mata
Pelajaran Mahfuzhat materi Fil Himmah melalui metode hafalan pada peserta didik Kelas XI
Program Keagamaan Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo
Sebagai suatu penelitian tindakan, metode yang
digunakan dalam penelitian skripsi ini mengikuti alur Penelitian Tindakan Kelas
(classroom based acton research) dengan tujuan untuk mewujudkan suatu
perbaikan pada aktivitas belajar dengan pendekatan partisipatif dan kolaboratif.
Kegiatan penelitian meliputi (1) Perencanaan (planning), (2) Tindakan (acting),
(3) Observasi (observing), dan (4) Refleksi (reflecting). Proses
penelitian terdiri dari 3 (tiga) siklus yang dilakukan secara daur ulang dari
siklus I (pertama), II (kedua) dan III (ketiga).
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: SIKLUS
I: peserta didik yang memperoleh nilai antara 85-90 sebanyak 1 siswa (5,8
%), memperoleh nilai antara 80-84 sebanyak 7 siswa (41,2 %), memperoleh nilai
antara 75-79 sebanyak 1 siswa (5,8 %), memperoleh nilai antara 70-74 sebanyak 3
siswa (17,6 %), dan yang memperoleh nilai antara 65-69 sebanyak 5 siswa (29,4
%). Artinya peserta didik yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 47,05 %; SIKLUS
II: peserta didik yang memperoleh nilai antara 85-90 sebanyak 3 siswa (17,6
%), memperoleh nilai antara 80-84 sebanyak 9 siswa (52,9 %), memperoleh nilai
antara 75-79 sebanyak 3 siswa (17,6 %), memperoleh nilai antara 70-74 sebanyak
2 siswa (11,7 %). Artinya jumlah prosesntase peserta didik yang tuntas
meningkat sebanyak 12 siswa atau 70,6 %; SIKLUS III: peserta didik yang
memperoleh nilai antara 85-90 sebanyak 6 siswa (35,3 %), dan yang memperoleh
nilai antara 80-84 sebanyak 11 siswa (64,7 %), artinya siswa Kelas XI Keagamaan
semuanya telah tuntas belajar Mahfuzhat.
Dengan demikian maka upaya untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Mahfuzhat melalui Metode
Hafalan dapat dicapai, khususnya pada Kelas XI Program Keagamaan Madrasah
Aliyah Alkhairaat Kota Gorontalo.
DAFTAR PUSTAKA
Anang (2010). One Minute Before
Teching, Strategi Membangun Atmosfir Pembelajaran yang Dinamis dan Sarat Makna,
Cet. I, Bandung : Alfabeta.
Aqib, Zainal (2009). Penelitian
Tindakan Kelas, Cet. V, Bandung : Yrama Widya.
Azra, Azyumardi (2002). Pendidikan
Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. IV, Jakarta : PT.
Logos Wacana Ilmu
Departemen Agama RI, (2003). Memahami
Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas, Jakarta :
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Agama RI (2003). Kendali
Mutu Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan
Agama Islam.
Departemen Agama RI (2001). Pola
Pembelajaran di Pesantren, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama
Islam.
Ezmir (2011). Metodologi
Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Cet. V, Jakarta : PT.
RajaGrafindo Persada.
J. Moleong, Lexy (2001). Metodologi
Penelitian Kualitatif, Cet. XIII, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lundeto, Adri (2010). Strategi
Pembelajaran Bahasa Arab, Manado : Khazanah Imu Press STAIN Manado.
Munawwir, Ahmad Warson (1997). Kamus
Al-Munawwar Arab-Indonesia, Indonesia-Arab, Edisi Kedua, Surabaya: Pustaka
Progresif.
Munthe, Bermawie (2010). Desain
Pembelajaran, Cet. X, Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.
Nasution, S. (2010) Berbagai
Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Cet. XIV, Jakarta : Bumi
Aksara.
Slameto (2010). Belajar dan
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta.
Suyadi (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: DIVA Press.
Uno, Hamzah, dkk (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: MQS
Publishing.
Usman, Moh. Uzer & Setiawati,
Lilis (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Cet. II,
Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Wijaya, Cece (2001). Pendidikan
Remedial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia, Cet. III, Bandung :
PT. Remaja Rosdakarya.
Yayasan Alkhairaat (2004). Kurikulum
Madrasah Aliyah Alkhairaat, Palu : Majelis Pendidikan PB Alkhairaat.
No comments:
Post a Comment