Untuk mengukur keberhasilan atau
efektivitas pelayanan kepada masyarakat, menurut Suhady (2000:25) yaitu
pelayanan yang berkualitas terdiri dari empat faktor, yang dijelaskan oleh penulis sebagai berikut :
1) Ketepatan, yaitu petugas yang melayani memberikan atau
melakukan pelayanan yang sesuai dengan
apa yang dibutuhkan oleh yang dilayani;
Ketepatan pelayanan merupakan
isyarat bahwa masyarakat berhak mendapatkan pelayanan sesuai dengan
kebutuhannya, dan petugas pun dengan lebih rinci dan akurat berupaya mengadakan
hal tersebut. Ketepatan dalam pelayanan
untuk memastikan kepada konsumen bahwa yang diberikan oleh petugas pelayanan
dapat diterima dengan baik tanpa adanya keluhan sedikitpun.
2) Kecepatan, yaitu petugas yang melayani memberikan dan
melakukan pelayanan secara tepat waktu agar yang dilayani tidak merasa jenuh;
Kecepatan yang dimaksud adalah
kegiatan pelayanan yang tidak menyulitkan masyarakat dengan harus menunggu
lama, waktu yang tidak terbuang sia-sia dalam hal pengurusan sesuatu hal. Kecepatan bukan berarti terburu-buru dalam melayani
konsumen, akan tetapi dimaksudkan agar pelayanan tersebut tepat waktu sesuai
target konsumen.
3) Keramahan, yaitu petugas yang melayani memperlakukan yang
dilayani dengan sopan dan beretika;
Berkaitan dengan etika pelayanan
petugas dalam hal ini pegawai dalam melayani masyarakat, senyum kepada
masyarakat dan tidak mengeluarkan amarah bila masyarakat tersebut bertanya
tentang sesuatu yang belum dimengerti.
4) Murah, yaitu yang dilayani merasa tidak terbebani atas
pelayanan yang diberikan.
Murah dalam hal ini
dapat dijangkau oleh masyarakat pada umumnya tentang biaya yang dibebankan pada
layanan tersebut. Pelayanan yang murah dapat memicu kepuasan masyarakat tentang
kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai. Murah dan tidak membebani masyarakat tujuannya
agar masyarakat merasa terbantukan dengan pelayanan yang diberikan.
Rujukan diatas dapat dijadikan indikator pelayanan administrasi**
Sumber:
Suhady,
Idup, 2000, Kebijakan Pendayagunaan
Aparatur Negara, Jakarta : LAN Republik Indonesia
Abdul Rauf Mayang., SE., MM. Efektivitas Pelayanan Administrasi pada Masyarakat. (artikel online) Gorontalo: Pondok Mahasiswa.