Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

GAYA MENGAJAR GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP BELAJAR SISWA DI SDN 05 TAPA



ABSTRAK

Nurdiana, 2012. “Gaya Mengajar Guru dan Implikasinya Terhadap Sikap Belajar Siswa di SDN 05 Tapa”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) Dra. Satria M.A. Koni, M.Pd,  (II) Drs. Abdurrahman Mala, M.Pd.
 

Kata-kata kunci : Gaya Mengajar Guru, Sikap Belajar

Skripsi ini membahas tentang Gaya Mengajar Guru dan Implikasinya Terhadap Sikap Belajar Siswa di SDN 05 Tapa. Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui bentuk gaya mengajar guru di SDN 05 Tapa, 2) Untuk mengetahui pengunaan gaya mengajar guru dan dan implikasinya terhadap sikap belajar siswa di SDN 05 Tapa, 3) Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat gaya mengajar guru dan implikasinya terhadap sikap belajar siswa di SDN 05 Tapa

Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil  penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1) Bentuk gaya mengajar guru di SDN 05 Tapa yaitu gaya mengajar guru Gaya mengajar klasikal, Gaya mengajar teknologis, Gaya mengajar personalisasi, dan Gaya mengajar interaksional. Namun untuk gaya mengajar klasikal telah lama tidak diterapkan oleh guru di SDN 05 Tapa. Gaya mengajar guru dilakukan memfokuskan keaktifan siswa pada pembelajaran di kelas, 2) Penggunaan gaya mengajar oleh guru berimplikasi terhadap sikap belajar siswa yang menunjukan bahwa siswa sangat antusias dalam belajar memperhatikan guru pada saat pembelajaran karena guru menerapkan gaya mengajar yang interaktif kepada siswa, 3) Faktor menghambat yaitu Guru kurang cakap dalam menggunakan metode dan strategi dalam pembelajaran sehingga beberapa guru sangat sulit menerapkan gaya mengejar yang baik, dan faktor yang mendukung yaitu guru menciptakan suasana belajar yang melibatkan mental-fisik-sosial siswa secara aktif supaya memberi peluang siswa dan menghargai  setiap  usaha  dan  hasil  kerja siswa, serta memberikan stimulus yang mendorong siswa untuk berbuat dan berpikir sambil menghasilkan karya dan pikiran kreatif.

Saran dalam penelitian ini adalah: 1) Bagi Kepala Sekolah, agar lebih memberikan kesempatan dan mendorong kepada guru untuk meningkatkan kompetensi akademik minimal strata satu, 2) Bagi guru hendaknya lebih memperhatikan gaya mengajar yang diberikan kepada siswa sehingga dapat berimplikasi kepada sikap belajar siswa di kelas, 3) Hendaknya guru berupa memperhatikan sikap belajar siswa yang kurang baik dan dapat mengatasi masalah tersebut dengan melalui gaya mengajar yang baik.



DAFTAR PUSTAKA


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar. Edisi Revisi; Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Ali. Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2008

Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: edisi ke 2, Pustaka Pelajar, 2009

Broto Suryo, Gaya dan Model Belajar Mengajar. (Online) http://.www.reposotory.ui.uc.id/  Diakses tanggal 5 Desember 2012.

Bruce Joyce and Marsha Well, Models of Teaching, dalam: S.S Chauhan, Innovations in Teaching Learning Process, New Delhy, Bombay: Vikas Publishing House Pvt Ltd. 1979.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra Semarang, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta 2006

Djamarah, Saiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Djamarah.  Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2002

Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2008

Hamalik, Oemar.  Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2009


I.L Pasaribu dan B. Simanjuntak, Proses Belajar Mengajar, Bandung , Tarsito, 1983
 
Made Pidarte, Pengelolaan Kelas, Surabaya,: Usaha Nasional, t.th.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Ed. Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004

Moston, M. and Ashworth. Teaching Physical Education. Fourth Edition. Mac. Millan Publishing Company. New York: USA. 1994

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, Cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999

Nana Sudjana (et.all), Pedoman Praktis Mengajar,DEPAG RI:Proyek Pembinaan Pendidikan Agama Pada Sekolah Umum,1984-1985

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Cet. XV; Bangung: Remaja Rosdakarya, 1999

Ngalim, Purwanto. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 1990

Rahayuningsih, Sri Utami. Psikologi Umum 2 – Bab 1. 2008. (Online) http://sikap-definisi-bab1-html/ ,di akses 20 november 2011.

Rooijakkers, Ad. Mengajar dengan Sukses: Petunjuk untuk merencanakan dan menyampaikan pengajaran,  Jakarta: PT. Grasindo, 1991

Sengkey. Pengaruh Gaya Mengajar dan Umpan Balik Terhadap Keterampilan Menemba, (Tesis) Jakarta : PPS IKIP Jakarta,

Shaleh, Abdul Rachman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2006

Singgih, D Gunarsa, Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT Bpk Gunung Mulia, 1990.

Slameto. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 2010

Sudirman N.., et, Ilmu Pendidikan. Cet I. Bandung: Remaja Rodakarya, 1990

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung : Al-Fabeta, 2005

Suharsini Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, Cet,X Rineka Cipta, 1996

Surakhmad, Winarno Pengantar Interaksi Mengajar Belajar, Dasar dan  Teknik Metodelogi Pengajaran: Cet. V, Bandung: Tarsito, 1994 

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta , 1996

Tabrani. A. Rusyam, et., Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya Ofset , 1989

Tarmidzi. Komponen Pembentukan Sikap Belajar Siswa. (Online) http://tarmizi.wordpress.com/2009/03/08/komponen-pembentukan-sikap-belajar-siswa/. Diakses tanggal 27 Oktober 2011.


Tim penyusun kamus pusat Pembinaan dan pengembangan bahasa , Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1999

Udin. Winataputra, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Universitas Terbuka, 1997

Wahab. Abdul Aziz, Metode dan Model-model Mengajar IPS, Bandung: Alfabeta. 2007

Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta, (ct .tt) Online. http://tarmizi.wordpress.com/2009/03/08/komponen-pembentukan-sikap-belajar-siswa/  Diakses tanggal 27 Oktober 2011.
 

No comments:

Post a Comment