ABSTRAK
Nurdiana, 2012. “Gaya Mengajar Guru dan Implikasinya
Terhadap Sikap Belajar Siswa di SDN 05 Tapa”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) Dra. Satria M.A. Koni, M.Pd, (II) Drs. Abdurrahman Mala, M.Pd.
Kata-kata kunci : Gaya Mengajar Guru, Sikap Belajar
Skripsi ini membahas tentang Gaya Mengajar Guru dan
Implikasinya Terhadap Sikap Belajar Siswa di SDN 05 Tapa. Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk
mengetahui bentuk gaya mengajar guru di SDN 05 Tapa, 2) Untuk mengetahui pengunaan
gaya mengajar guru dan dan implikasinya terhadap sikap belajar siswa di SDN 05
Tapa, 3) Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat gaya mengajar guru dan
implikasinya terhadap sikap belajar siswa di SDN 05 Tapa
Metode dalam penelitian
ini adalah metode kualitatif dengan dengan metode pengumpulan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai
berikut, 1) Bentuk
gaya mengajar guru di SDN 05 Tapa yaitu gaya mengajar guru Gaya mengajar
klasikal, Gaya mengajar teknologis, Gaya mengajar personalisasi, dan Gaya
mengajar interaksional. Namun untuk gaya mengajar klasikal telah lama tidak
diterapkan oleh guru di SDN 05 Tapa. Gaya mengajar guru dilakukan memfokuskan
keaktifan siswa pada pembelajaran di kelas, 2) Penggunaan gaya mengajar oleh guru
berimplikasi terhadap sikap belajar siswa yang menunjukan bahwa siswa sangat
antusias dalam belajar memperhatikan guru pada saat pembelajaran karena guru
menerapkan gaya mengajar yang interaktif kepada siswa, 3) Faktor menghambat
yaitu Guru kurang cakap dalam menggunakan metode dan strategi dalam pembelajaran sehingga
beberapa guru sangat sulit menerapkan gaya mengejar yang baik, dan faktor yang
mendukung yaitu guru menciptakan
suasana belajar yang melibatkan mental-fisik-sosial siswa secara aktif supaya
memberi peluang siswa dan menghargai
setiap usaha dan
hasil kerja siswa, serta memberikan
stimulus yang mendorong siswa untuk berbuat
dan berpikir sambil menghasilkan karya dan pikiran kreatif.
Saran dalam penelitian ini adalah: 1) Bagi Kepala Sekolah, agar
lebih memberikan kesempatan dan mendorong kepada guru untuk meningkatkan
kompetensi akademik minimal strata satu, 2) Bagi guru hendaknya lebih
memperhatikan gaya mengajar yang diberikan kepada siswa sehingga dapat
berimplikasi kepada sikap belajar siswa di kelas, 3) Hendaknya guru berupa
memperhatikan sikap belajar siswa yang kurang baik dan dapat mengatasi masalah
tersebut dengan melalui gaya mengajar yang baik.
DAFTAR
PUSTAKA
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar. Edisi Revisi; Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Ali.
Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo. 2008
Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya,
Yogyakarta: edisi ke 2, Pustaka Pelajar, 2009
Broto
Suryo, Gaya dan Model Belajar Mengajar.
(Online) http://.www.reposotory.ui.uc.id/ Diakses tanggal 5 Desember 2012.
Bruce Joyce and Marsha Well, Models of Teaching, dalam: S.S Chauhan, Innovations in Teaching Learning Process, New Delhy, Bombay: Vikas
Publishing House Pvt Ltd. 1979.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an
dan Terjemahannya. Semarang: Toha Putra Semarang, 2007.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007
Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta :
Rineka Cipta 2006
Djamarah, Saiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka
Cipta, 2000
Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka
Cipta. 2002
Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan
Nilai, Bandung: Alfabeta, 2008
Hamalik, Oemar.
Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2009
http://hanstoe.wordpress.com/2009/02/21/pengertian-sikap/,
Diakses 26 Oktober 2011.
I.L Pasaribu dan B. Simanjuntak, Proses Belajar Mengajar, Bandung , Tarsito, 1983
Made Pidarte, Pengelolaan
Kelas, Surabaya,: Usaha Nasional, t.th.
Moleong, Lexy J. Metodologi
Penelitian Kualitatif, Ed. Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004
Moston,
M. and Ashworth. Teaching Physical Education. Fourth Edition. Mac.
Millan Publishing Company. New York: USA. 1994
Muhibbin Syah, Psikologi
Belajar, Cet. II; Jakarta: Logos Wacana
Ilmu, 1999
Nana Sudjana (et.all), Pedoman Praktis Mengajar,DEPAG RI:Proyek Pembinaan Pendidikan Agama
Pada Sekolah Umum,1984-1985
Ngalim Purwanto, Psikologi
Pendidikan. Cet. XV; Bangung: Remaja
Rosdakarya, 1999
Ngalim, Purwanto. Psikologi Pendidikan, Bandung
: Remaja Rosda Karya, 1990
Rahayuningsih, Sri Utami. Psikologi Umum 2 – Bab 1. 2008.
(Online) http://sikap-definisi-bab1-html/ ,di akses 20 november 2011.
Rooijakkers, Ad. Mengajar dengan Sukses: Petunjuk untuk merencanakan dan menyampaikan
pengajaran, Jakarta: PT. Grasindo,
1991
Sengkey. Pengaruh
Gaya Mengajar dan Umpan Balik Terhadap Keterampilan Menemba, (Tesis)
Jakarta : PPS IKIP Jakarta,
Shaleh, Abdul Rachman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak
Bangsa, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2006
Singgih,
D Gunarsa, Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta:
PT Bpk Gunung Mulia, 1990.
Slameto.
Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 2010
Sudirman N.., et, Ilmu
Pendidikan. Cet I. Bandung: Remaja Rodakarya, 1990
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif,
Bandung : Al-Fabeta, 2005
Suharsini Arikunto, Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi, Cet,X Rineka Cipta, 1996
Surakhmad, Winarno Pengantar
Interaksi Mengajar Belajar, Dasar dan
Teknik Metodelogi Pengajaran: Cet. V, Bandung: Tarsito, 1994
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan
Zain, Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta , 1996
Tabrani. A. Rusyam, et., Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja
Rosdakarya Ofset , 1989
Tarmidzi. Komponen Pembentukan Sikap Belajar Siswa. (Online) http://tarmizi.wordpress.com/2009/03/08/komponen-pembentukan-sikap-belajar-siswa/. Diakses tanggal 27 Oktober 2011.
Tim penyusun kamus pusat Pembinaan dan
pengembangan bahasa , Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka, 1999
Udin.
Winataputra, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Universitas
Terbuka, 1997
Wahab. Abdul Aziz, Metode
dan Model-model Mengajar IPS, Bandung: Alfabeta. 2007
Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum.
Yogyakarta, (ct .tt) Online. http://tarmizi.wordpress.com/2009/03/08/komponen-pembentukan-sikap-belajar-siswa/
Diakses tanggal 27 Oktober 2011.
No comments:
Post a Comment