ABSTRAK
Rahmiyati Daud., 2012. Keteladanan Orang
Tua Dalam Membentuk Perilaku Anak Usia Dini di PPAUD Pelangi Desa Modelomo
Kabupaten Boalemo. Skripsi Fakultas Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo Pembimbing: (I)
Dra. Hj. Supiah, M.Pd (II)
Herson Anwar, M.Pd.
Kata-kata kunci : Keteladanan, Orang Tua, Perilaku Anak
Permasalah skripsi ini membahas
tentang keteladanan orang tua
dalam membentuk perilaku anak usia dini di PPAUD Pelangi Desa Modelomo
Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi.Adapun yang
menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keteladanan orang tua pada anak usia dini di PPAUD
Pelangi Desa Modelomo Kabupaten Boalemo, untuk mengetahui implikasi keteladanan orang tua dalam
membentuk perilaku Anak Usia Dini Di PPAUD Pelangi Desa Modelomo Kabupaten
Boalemo.
Hasil penelitian dengan beberapa
kesimpulan bahwa 1) Pada
umumnya perilaku anak usia dini kadang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga
contoh dalam satu keluarga tidak melaksanakan sholat lima waktu maka anak itu
pun tidak akan melaksanakan sholat sehingga dapat mempengaruhi perilaku anak
itu menjadi tidak baik karena orang tua tidak memberikan suri tauladan yang
baik terhadap anak. Terkait perilaku anak usia dini Di PPAUD Pelangi Desa
Modelomo Kabupaten Boalemo dapat penulis gambarkan bahwa perilaku anak usia
dini di PPAUD Pelangi sangat beragam. Hal ini diketahui melalui pengamatan
penulis serta informasi dari guru di PPAUD Pelangi bahwa perilaku anak di PPAUD
Pelangi sangat beragam, ada yang baik, cengeng, pendiam, nakal, periang, bahkan
ada yang suka mengganggu temannya di dalam kelas, 2) Pada dasarnya peran orang
tua dalam hal keteladanan sangat penting. Untuk itu terdapat aspek-aspek keteladanan
orang
tua yang cukup penting Pengaruh langsung yang disengaja yaitu sengaja dilakukan oleh
orang tua agar dilihat atau bahkan dilakukan oleh anak misalnya
pembiasan dalam melaksanakan shalat dan Pengaruh yang tidak disengaja yaitu keadaan
orangtua yang mengakibatkan orangtua berbeda dalam memdidik anak sehingga
berbeda pula pribadi anak tidak mampu dan pribadi anak dari keluarga yang mampu
begitu pula keluarga yang berpendidikan. Orang tua harus memberikan keteladanan yang baik pada anak. Agar anak pun bisa berkelakuan baik
mengikuti sifat orang tuanya, sehinggga berpengaruh dalam segala kehidupan anak
baik di keluarga maupun di sekolah. Selain itu pendidikan dan tingkat pemahaman
orang tua yang menjadi kendala dalam membentuk sebuah perilaku anak.
Implikasi dari penelitian ini adalah
sebagai berikut; 1) Orang tua hendaknya memberikan keteladanan
yang baik terhadap anak-anaknya serta memperhatikan segala pergaulan
anak-anaknya dengan lingkungan masyarakat serta teman bermainnya. 2) Tokoh masyarakat dan
tokoh agama lebih banyak memberikan penyuluhan kepada masyarakat khususnya
orang tua murid agar mereka bisa memahami pentingnya kelanjutan pendidikan
anak. 3) Orang tua hendaknya lebih aktif mengikuti kegiatan sosial masyarakat,
sehingga dengan kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan terutama
perkembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan, yang pada akhirnya orang tua
merasa bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan khususnya di PPAUD Pelangi.
No comments:
Post a Comment