ABSTRAK
Asri Polutu, 2012. “Peran Masyarakat Pesisir dalam
Pembentukan Kepribadian Muslim di MI As-sabirin Bubaa”. Skripsi
Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN
Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) Momy A. Hunowu, M.Si, (II) Mohamad Paputungan, M.Si.
Kata-kata kunci : Masyarakat
Pesisir, Kpribadian Islam Siswa.
Skripsi ini membahas tentang Peran
Masyarakat Pesisir dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di MI As-sabirin
Bubaa. Adapun
tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran masyarakat pesisir terhadap pembentukan
kepribadian Islam siswa di Madrasah Ibtidaiyah As-Sabirin Buba dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat
masyarakat pesisir terhadap pembentukan kepribadian Islam siswa di Madrasah
Ibtidaiyah As-Sabirin Bubaa.
Metode
dalam penelitian ini adalah metode kulitatif dengan metode
pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai
berikut, 1) Peran masyarakat
pesisir belum efektif dalam pembentukan kepribadian siswa khususnya mengenai
sarana prasarana Masyarakat pesisir bubaa belum memiliki fasilitas listrik hal
ini tentunya tidak efektif bagi siswa, siswa yang seharusnya belajar atau mendapatkan
bimbingan dari orang tua pada malam hari sangat sulit untuk dilaksanakan bahkan
jarang terlihat siswa belajar pada malam hari. Dalam masyarakat pesisir bahwa
teman sebaya merupakan salah satu pengaruh dalam pembentukan kepribadian anak.
berteman dengan anak yang baik maka akan menjadi baik juga. Tapi sebaliknya
berteman dengan anak-anak yang tidak baik perilakunya maka akan menjadi tidak
baik juga. Sehingga teman sepermainan ini dapat mempengaruhi kepribadian dari anak, maka
dalam hal ini diperlukan upaya untuk memilih teman yang memiliki kepribadian yang baik. Kondisi
lingkungan juga merupakan faktor penentu dalam pembentukan kepribadian Islam
Siswa Disekolah apalagi Lingkungan
Masyarakat Pesisisir yang mata pencahariannya sebagian besar adalah Nelayan,
dampak yang terasa terhadap siswa siswi MI As-sabirin yang mana orang tua mereka
sebagian besar berprofesi sebagai nelayan apabila dalam mengikuti Pengajian
kadangkala siswa kebanyakan tidak mengikuti kegiatan tersebut tetapi ikut
melaut dengan orang tuanya serta boros dalam membelanjakan uang
hasil tangkapan ikan yang berlimpah ruah dengan membeli barang barang yang
mewah, seperti TV, Radio, dan Hanphone, sehingga kadangkala kewajiban dalam membayar uang sekolah sering
terbengkalai, karena telah terpakai semuanya. 2)
Faktor pendukung dan penghambat khususnya dalam lingkungan Masyarakat pesisir
terhadap pembentukan kpribadian Islam Siswa dimadrasah Ibtidaiyah As-sabirin
Bubaa, adapun faktor pendukung berdasarkan hasil penelitian yaitu dengan
mengupayakan pembentukan Taman Pengajian (TPA) sehingga membentuk Kepribadian
anak agar dapat mengetahui baca Tulis Alqur’an sebagai kewajiban mendasar
sebagai muslim yang benar.adapun faktor penghambat yaitu; a) Karena rendahnya
Tingkat pendidikan masyarakat pesisir khususnya yang ada di desa Bubaa
Kecamatan Paguyaman pantai sehingga animo masyarakat terhadap kesadaran
pentingnya pendidikan masih sangat rendah, b) Kurangnya kesadaran menjaga
kebersihan disekitar pantai masyarakat pesisir hal ini dapat kita lihat pada
pesisir pantai ynag kurang terawat, sampah berserakan dimana mana sehingga
dapat menimbulkan berbagai macam penyakit menular.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad D. Marimba, Pengantar
Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Maarif, 1962.
Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran, Edisi
Revisi Cet. Kedua; Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Aludin Al-Ayubi, Sosiologi Masyarakat Pesisir, 2010.(Online),
http://blog.beswandjarum.com/solehrifai/2009/07/03/sosiologi-masyarakat-pesisir/., Diakses
tanggal 3 November 2011.
Amru Khalid, Menjadi
Mukmin yang Berakhlak, Terjemahan Oleh: Sari Narulita LC. Jakarta: Qisthi Press,
2005
Azhari. Penyusunan
Pola Pendidikan Bagi Petani Nelayan. Jakarta: Pustaka Quantum. 2002.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an
dan Terjemahannya, Semarang; Karya Toha Putra Semarang, 2007.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007
E. Koswara, Teori-Teori Kepribadian, Bandung:
Eresco, 1991.
Feisal, Jusuf Amir, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta,
Gema Insan Press 1995.
H. Hartomo, Ilmu Sosial Dsar. Edisi. I Cet.
VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Hamalik, Oemar. Lingkungan dan pendidikan,
Jakarta: Bumi Persada, 1999.
_____________., Proses Belajar Mengajar, Cet.
III; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004
Hamzah, Andi, Pergeseran
Nilai Pendidikan pada Masyarakat Post Modernisme, Jakarta: Insan Press, 1998
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Edisi
Revisi Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006
Ismail Yusanto M. dan Sigit Purnawan Jati, Membangun
Kepribadian Islam, Jakarta ; Khairul BAyan, 2002
Koentjaraningrat. Kebudayaan, Mentalitas, dan
Pembangunan, Jakarta: Gramedia, 2000
M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Karya, 1986.
______________., Psikologi Pendidikan, Edisi
Kedua. Cet. V: Jakarta: Remaja Rosdakarya Offet, 1990
______________., Ilmu
Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung ; Remaja Rosdakarya, 1995
Majelis Mujahidin Mencetak Pribadi Ilmu,
(Online) www.majelismujahidin.co.id,
Diakses tanggal 5 Januari 2012.
Moleong, Lexy J. Metodologi
Penelitian Kualitatif, Ed. Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004
Mudlor Achmad, Etika
Dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, t.t.h
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode
Penelitian Pendidikan, Bandung: PT
Remaja Rosdakarya, 2005
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. IV, Bandung: Remaja Rosdakarya,
2008
Nur Uhbiyati,
Ilmu Pendidikan Islam, Cet. II,
Bandung: CV. Pustaka Setia, 1998.
Prof. Dr. Mudjahirin Thohir, M.A. Sosiologi Pedesaan Masyarakat Jawa Pesisiran. (Online) http://staff.undip.ac.id/sastra/mudjahirin/2010/07/30/masyarakat-pesisir/. Diakses tanggal 7 Januari 2012.
Rokhmin Dahuri, Dkk. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah
Pesisir dan Laut Secara Terpadu. Jakarta:
edisi ke-3 Penerbit PT. Paradnya Paramita , 2001
Saltout, Muhammad.
Pendidikan dan agama, Bandung: Cet
2.t.th.
Siswojo Harjodipuro, Konsep Tridimensional Administrasi
Pendidikan, Kumpulan Ceramah dan Saran Mengenai Pendidikan, Jakarta: IKIP
Jakarta, 2005
Sutrisno Hadi, Metodologi
Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1980
Syafi’I,
Ahmad. Peta Bumi Intelektualitas Islam. Bandung : Mizan, 1994.
Yunus Namsa, Metodologi Pengajaran Agama Islam,
Ternate ; Pustaka Firdaus kerjasama dengan STAIN Ternate, 2000
Zakiah Darajat, Ilmu Pendidikan dan lingkungan anak, Jakarta, Bumi Aksara 1996
___________., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi
Aksara 1992.
(SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)
ReplyDeleteBerawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.
Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :
1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.
2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.
3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.
4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555