ABSTRAK
BIYAHIMO, HAMKA Nim: 08
101 575, Efektifitas Penerapan Metode Qiraat dalam Meningkatkan Kefasihan
Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Qur’an Tajwid Kelas X-A Madrasah Aliyah
Alkhairaat Kota Gororntalo (Suatu Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi,
Fakultas Tarbiyah dan Tadris Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN
Sultan Amai Gorontalo, Pembimbing (1) Arten Mobonggi, M.Pd., (2) Hj. Lisdawati
A. Muda, M.Si.
Kata-kata kunci: Meningkatkan, Kefasihan, Qira’at, Tajwid,
Skripsi ini membahas tentang “Efektifitas
Penerapan Metode Qiraat dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an pada
Mata Pelajaran Qur’an Tajwid Kelas X-A Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota
Gororntalo (Suatu Penelitian Tindakan Kelas)”, dengan mengemukakan
permasalahan, yakni: (1) Bagaimana menerapkan metode Qira’at dalam meningkatkan
kefasihan membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Tajwid Kelas X-A
Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo, (2) Bagaimana efektifitas penerapan
metode Qira’at terhadap peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an Pada Mata
Pelajaran Al-Qur’an Tajwid Kelas XI Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo
Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini
mengikuti alur PTK (classroom based acton research) meliputi (1)
Perencanaan (planning), (2) Tindakan (acting), (3) Observasi (observing),
dan (4) Refleksi (reflecting). Proses penelitian terdiri dari 3 (tiga)
siklus yang dilakukan secara daur ulang.
Dari pelaksanaan Tes Awal diperoleh data dari 20 siswa Kelas X-A, 15 siswa diantaranya
belum memperoleh nilai 75, sedang yang telah mencapai batas ketuntasan sebanyak
5 siswa. Setelah peserta didik mengikuti proses pembelajaran siklus demi
siklus, diperoleh hasil sebagai berikut: SIKLUS I: Peserta didik yang belum mencapai nilai
ketuntasan berjumlah 11 siswa atau 55%, sedangkan yang sudah mencapai
ketuntasan sebanyak 9 siswa atau 45%. Hasil pengamatan tampak kehadiran siswa
cukup baik, namun peran serta siswa secara individual dalam proses pembelajaran
belum mengalami perubahan sehingga perlu ditingkatkan; SIKLUS II: Jumlah peserta didik yang memperoleh nilai
standar ketuntasan meningkat menjadi 13 siswa. Hasil pengamatan menunjukkan
peningkatan yang signifikan di antara peserta didik baik dari aktivitas maupun
peran siswa dalam kelompok; SIKLUS III: Perbaikan yang dilakukan
pada Siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan, 20 orang siswa Kelas
X-A dapat menguasai Kompetensi Dasar dengan memperoleh nilai 75, kehadiran siswa baik, kerjasama dan partispasi
dalam kelompok semakin meningkat. Secara individual siswa yang bertanya tidak lagi
bersifat monopolis dari siklus satu ke siklus berikutnya.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Qira’at
pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Tajwid terbukti efektif untuk meningkatkan
kefasihan membaca al-Qur’an bagi siswa Kelas X-A Madrasah Aliyah Alkhairaat
Kota Gororntalo. Dengan demikian, maka metode Qira’at merupakan salah
satu metode yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran
Qur’an Tajwid pada MA Alkhairaat Kota Gorontalo.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Muhammad Husein, Dirasah
Fi al-Fiqh al-Islami, Cet. I, Oman: Darul Bayariq, 1990
Al-Khalidi, Sholah, Mafatih Li
At-Ta’amu Ma’a Al-Qur’an, Terjemahan Bahasa Indonesia dengan judul Membedah
Al-Qur’an Versi Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Progresif: 1997
Anang, S. Pd., One Minute Before
Teching, Strategi Membangun Atmosfir Pembelajaran yang Dinamis dan Sarat Makna,
Cet. I, Bandung : Alfabeta, 2010
Aqib, Zainal, Penelitian
Tindakan Kelas, Cet. V, Bandung : Yrama Widya, 2009
As-Suyuthi, Jalaluddin, Al-Itqan
Fi ‘Ulum al-Qur’an, Cet. I, Jilid I, Beirut: 1996
Ash-Shabuni, Syaikh Muhammad Ali, Al-Tibyan Fi
Ulum al-Qur’an, Mekah: Dar al-Kutub al-Islamiyah, 1999
Az-Zarkasy, Badruddin Muhammad bin Abdullah, Al-Burhan
Fi Ulum Al-Qur’an, Cet. I Jilid I, Beirut: Dar Al-Fikr, 1988
Az-Zarqani, Muhammad Abdul Adzim, Manahil
al-Irfan Fi Ulum al-Qur’an, Jilid I , Beirut: Dar al-Fikr, 1988
Azra, Azyumardi., Prof. Dr., MA., Pendidikan
Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. IV, Jakarta : PT.
Logos Wacana Ilmu, 2002
Depertemen Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya
(Edisi yang Disempurnakan), Cet. III Jilid 10, Jakarta: Lembaga Percetakan Al-Qur’an Depertemen Agama RI,
2009
Depertemen Agama RI, Memahami
Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas, Jakarta :
Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003
Depertemen Agama RI, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Jakarta
: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003
Depertemen Agama RI, Pola Pembelajaran di Pesantren, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama
Islam, 2001
Ezmir, Prof. Dr., M. Pd., Metodologi
Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Cet. V, Jakarta : PT.
RajaGrafindo Persada, 2011
H. Umar, Nazaruddin, Prof. Dr., MA, Ulumul
Qur’an, Menangkap Makna-makna Tersembunyi Al-Qur’an, Cet. I, Jakarta:
Al-Gazali Center, 2008
J. Moleong, Lexy, Dr. MA, Metodologi
Penelitian Kualitatif, Cet. XIII, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001
Kamal, Taufik Adnan, Rekontruksi Sejarah
Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Al-Vabet, 2005
Lundeto, Adri., M. Pd.I, Strategi
Pembelajaran Bahasa Arab, Manado : Khazanah Imu Press STAIN Manado, 2010
Munthe, Bermawie., Dr., MA, Desain
Pembelajaran, Cet. X, Yogyakarta : Pustaka Insan Madani, 2010
Nasution, S., Prof. Dr., MA, Berbagai
Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Cet. XIV, Jakarta : Bumi
Aksara, 2010
Qadirun Nur, Muhammad, Ikhtisar Ulumul Qur’an
Praktis (Terjemahan Kitab
Al-Tibyan Fi Ulum al-Qur’an Syaikh Muhammad Ali Ash-Shabuni), Cet.
I, Jakarta: Pustaka Amani,
2001
Slameto, Drs., Belajar dan
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakaarta : Rineka Cipta, 2010
Susilo, Panduan Penelitian
Tindakan Kelas, Cet. I, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007
Usman, Moh. Uzer, Drs., &
Setiawati, Lilis, Dra., Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Cet.
II. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2001
Wijaya, Cece., Drs. Pendidikan
Remedial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia, Cet. III. Bandung :
PT. Remaja Rosdakarya, 2001
Yayasan Alkhairaat, Kurikulum
Madrasah Aliyah Alkhairaat, Palu : Majelis Pendidikan PB Alkhairaat, 2004
No comments:
Post a Comment