Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE QIRA’AT DALAM ENINGKATKAN KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN QUR’AN TAJWID KELAS X-A MADRASAH ALIYAH ALKHAIRAAT KOTA GORORNTALO (Suatu Penelitian Tindakan Kelas)



ABSTRAK

BIYAHIMO, HAMKA Nim: 08 101 575, Efektifitas Penerapan Metode Qiraat dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Qur’an Tajwid Kelas X-A Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo (Suatu Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Sultan Amai Gorontalo, Pembimbing (1) Arten Mobonggi, M.Pd., (2) Hj. Lisdawati A. Muda, M.Si.

Kata-kata kunci: Meningkatkan, Kefasihan, Qira’at,  Tajwid,

Skripsi ini membahas tentang “Efektifitas Penerapan Metode Qiraat dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Qur’an Tajwid Kelas X-A Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo (Suatu Penelitian Tindakan Kelas)”, dengan mengemukakan permasalahan, yakni: (1) Bagaimana menerapkan metode Qira’at dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Tajwid Kelas X-A Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo, (2) Bagaimana efektifitas penerapan metode Qira’at terhadap peningkatan kefasihan membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Tajwid Kelas XI Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo
Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini mengikuti alur PTK (classroom based acton research) meliputi (1) Perencanaan (planning), (2) Tindakan (acting), (3) Observasi (observing), dan (4) Refleksi (reflecting). Proses penelitian terdiri dari 3 (tiga) siklus yang dilakukan secara daur ulang.
Dari pelaksanaan Tes Awal diperoleh data dari 20 siswa Kelas X-A, 15 siswa diantaranya belum memperoleh nilai 75, sedang yang telah mencapai batas ketuntasan sebanyak 5 siswa. Setelah peserta didik mengikuti proses pembelajaran siklus demi siklus, diperoleh hasil sebagai berikut: SIKLUS I: Peserta didik yang belum mencapai nilai ketuntasan berjumlah 11 siswa atau 55%, sedangkan yang sudah mencapai ketuntasan sebanyak 9 siswa atau 45%. Hasil pengamatan tampak kehadiran siswa cukup baik, namun peran serta siswa secara individual dalam proses pembelajaran belum mengalami perubahan sehingga perlu ditingkatkan; SIKLUS II: Jumlah peserta didik yang memperoleh nilai standar ketuntasan meningkat menjadi 13 siswa. Hasil pengamatan menunjukkan peningkatan yang signifikan di antara peserta didik baik dari aktivitas maupun peran siswa dalam kelompok; SIKLUS III: Perbaikan yang dilakukan pada Siklus III menunjukkan peningkatan yang signifikan, 20 orang siswa Kelas X-A dapat menguasai Kompetensi Dasar dengan memperoleh nilai 75, kehadiran siswa baik, kerjasama dan partispasi dalam kelompok semakin meningkat. Secara individual siswa yang bertanya tidak lagi bersifat monopolis dari siklus satu ke siklus berikutnya.
Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Qira’at pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Tajwid terbukti efektif untuk meningkatkan kefasihan membaca al-Qur’an bagi siswa Kelas X-A Madrasah Aliyah Alkhairaat Kota Gororntalo. Dengan demikian, maka metode Qira’at merupakan salah satu metode yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran Qur’an Tajwid pada MA Alkhairaat Kota Gorontalo.


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Muhammad Husein, Dirasah Fi al-Fiqh al-Islami, Cet. I, Oman: Darul Bayariq, 1990

Al-Khalidi, Sholah, Mafatih Li At-Ta’amu Ma’a Al-Qur’an, Terjemahan Bahasa Indonesia dengan judul Membedah Al-Qur’an Versi Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Progresif: 1997

Anang, S. Pd., One Minute Before Teching, Strategi Membangun Atmosfir Pembelajaran yang Dinamis dan Sarat Makna, Cet. I, Bandung : Alfabeta, 2010

Aqib, Zainal, Penelitian Tindakan Kelas, Cet. V, Bandung : Yrama Widya, 2009

As-Suyuthi, Jalaluddin, Al-Itqan Fi ‘Ulum al-Qur’an, Cet. I, Jilid I, Beirut: 1996

Ash-Shabuni, Syaikh Muhammad Ali, Al-Tibyan Fi Ulum al-Qur’an, Mekah: Dar al-Kutub al-Islamiyah, 1999

Az-Zarkasy, Badruddin Muhammad bin Abdullah, Al-Burhan Fi Ulum Al-Qur’an, Cet. I Jilid I, Beirut: Dar Al-Fikr, 1988

Az-Zarqani, Muhammad Abdul Adzim, Manahil al-Irfan Fi Ulum al-Qur’an, Jilid I , Beirut: Dar al-Fikr, 1988

Azra, Azyumardi., Prof. Dr., MA., Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Cet. IV, Jakarta : PT. Logos Wacana Ilmu, 2002

Depertemen Agama RI, Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan), Cet. III Jilid 10, Jakarta: Lembaga Percetakan Al-Qur’an Depertemen Agama RI, 2009

Depertemen Agama RI, Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003

Depertemen Agama RI,  Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2003

Depertemen Agama RI,  Pola Pembelajaran di Pesantren, Jakarta : Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2001

Ezmir, Prof. Dr., M. Pd., Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Cet. V, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2011

H. Umar, Nazaruddin, Prof. Dr., MA, Ulumul Qur’an, Menangkap Makna-makna Tersembunyi Al-Qur’an, Cet. I, Jakarta: Al-Gazali Center, 2008

J. Moleong, Lexy, Dr. MA, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XIII, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001

Kamal, Taufik Adnan, Rekontruksi Sejarah Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Al-Vabet, 2005
Lundeto, Adri., M. Pd.I, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Manado : Khazanah Imu Press STAIN Manado, 2010

Munthe, Bermawie., Dr., MA, Desain Pembelajaran, Cet. X, Yogyakarta : Pustaka Insan Madani, 2010

Nasution, S., Prof. Dr., MA, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Cet. XIV, Jakarta : Bumi Aksara, 2010

Qadirun Nur, Muhammad, Ikhtisar Ulumul Qur’an Praktis (Terjemahan  Kitab Al-Tibyan Fi Ulum al-Qur’an Syaikh Muhammad Ali Ash-Shabuni), Cet. I, Jakarta: Pustaka Amani, 2001

Slameto, Drs., Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi, Jakaarta : Rineka Cipta, 2010

Susilo, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Cet. I, Yogyakarta: Pustaka Book Publisher, 2007

Usman, Moh. Uzer, Drs., & Setiawati, Lilis, Dra., Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar, Cet. II. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2001

Wijaya, Cece., Drs. Pendidikan Remedial, Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia, Cet. III. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2001

Yayasan Alkhairaat, Kurikulum Madrasah Aliyah Alkhairaat, Palu : Majelis Pendidikan PB Alkhairaat, 2004

 

No comments:

Post a Comment