ABSTRAK
Suriyati J.
Misilu., 2012. Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Ayat
demi Ayat Surat al-Ikhlas dalam al-Qur’an melalui Metode Demonstrasi (Suatu
Penelitian Tindakan di Kelas IV SDN 93 Sipatana Kota Gorontalo). Skripsi Fakultas Tarbiyah, Program Studi
Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo Pembimbing: (I) Dra. Satria M.A. Koni, M.Pd (II) Hasyim Mahmud Wantu, M.Pd.I
Kata-kata kunci : Peningkatan, Membaca, Surat al-Ikhlas, Metode Demonstrasi
Skripsi ini
membahas tentang Peningkatan
Kemampuan Siswa Membaca Ayat demi ayat Surat al-Ikhlas dalam al-Qur’an melalui
Metode Demonstrasi (Suatu Penelitian Tindakan di Kelas IV SDN 93 Sipatana Kota
Gorontalo). Metode
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi
tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca ayat demi ayat
surat al-Ikhlas pada anak kelas IV di SDN 93 Sipatana melalui
metode demonstrasi..
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut; 1) Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode demonstrasi
dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca surat al-Ikhlas. 2) Metode
demonstrasi cukup efektif digunakan di SDN 93 Sipatana khususnya pada siswa
kelas IV dengan hasil; Dari aspek Melafalkan surat al-Ikhlas dengan harakat
dan mahraj yang benar siswa
yang mampu 24 orang atau 85%, kurang mampu 4 orang atau 15%. Pada aspek Menerap hukum bacaan qalaqalah yang ada
disurat al-Ikhlas,
siswa yang mampu 25 orang atau 89%,
kurang mampu 3 orang atau 11%. Sedangkan aspek membaca surat al-Ikhlas sesuai makhraj dan hukum
bacaannya.rat al-Ikhlas, siswa yang mampu 25 orang atau 89%, kurang
mampu 3 orang atau 11%. 3) Hasil
penelitian tindakan pada siswa kelas IV SDN 93 Sipatana dapat menjawab
hipotesis tindakan penelitian.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan
empat prosedur penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan
analisis/refleksi.
Adapun yang menjadi saran dalam
penelitian ini adalah; (1) Bagi SDN 93 Sipatana, disarankan untuk menggunakan
metode demonstrasi dalam setiap pembelajaran, karena metode ini bukan hanya
mampu meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi tapi juga untuk
membiasakan siswa mengaplikasikan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.;
(2) Seorang guru hendaknya memahami betul kondisi siswa yang dihadapinya,
sehingga menjadi dasar dalam melakukan proses pembelajaran yang lebih baik.;
No comments:
Post a Comment