ABSTRAK
Lisda Ibrahim.
2012. Program Kepala Sekolah Dalam Membentuk Kerakter Siswa Di Sekolah Dasar
Negeri 01 Ilomata Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan
Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dr. Asrin,M.Pd dan Pembimbing II Arifin.,S.Pd. M.Pd.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu
untuk mengetahui program pembentukan karakter siswa melalui kegiatan akademik dan untuk mengetahui program pembentukan
karakter siswa melaui kegiatan non akademik.
Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Program
pembentukan karakter siswa melalui kegiatan akademik yaitu dengan Pengembangan
strategi dan metode pembelajaran melalui rencana program strategi pembelajaran
membentuk disiplin belajar dan kerja keras, dalam upaya untuk membentuk karakter
siswa metode sosiodrama pada mata pelajaran yang diaggap dapat membentuk
karakter tauladan tokoh karakter dan kreatif juga dapat membentuk karakter
membentuk mental siswa dan rasa ingin tahu.
Pembentukan karakter siswa melalui
kegiatan non akademik yaitu Pengembangan karakter melaui pembinaan mental dan
spiritual serta pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk
kegiatan dalam bentuk
shalat dzuhur berjamaah di sekolah dapat membentuk karakter religious siswa, Penegakan Tatakrama dan
Tata Tertib Sekolah
menjadikan siswa lebih komunikatif dan bersahabat dengan siapa saja, Kegiatan kepramukaan dapat membentuk karakter siswa
yang peduli sosial dan peduli lingkungan, Gerak Jalan dan Upacara Bendera
dapat membentuk karakter siswa yang Cinta
Tanah Air dan memiliki Semangat Kebangsaan.
Adapun saran dalam penelitian ini
adalah: 1) Bagi kepala sekolah agar lebih memaksimalkan
strategi dan program yang diadakan di
sekolah melalui pendaya gunaan tenaga guru agar terwujudnya pendidikan yang
berkarakter, 2) Bagi guru hendaknya mendukung pelaksanaan program kepala
sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dengan ikut terlibat pada
kegiatan berlangsung, 3) Bagi siswa hendaknya mendukung dan mengikuti dengan
bersungguh-sunguh kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah baik kegiatan yang
akademik maupun non akademik.
DAFTAR PUSTAKA
Abd Kadim Masaong
dan Ansar. 2010. Manajemen Berbasis
Sekolah (Teori, Model dan Implementasi). Malang. Nurul Jannah
Adi Suparto.Kepemimpinan
Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen Konflik Dengan Pendekatan
Kecerdasan Emosional Pada Satuan pendidikan Dasar http://utsurabaya.files.wordpress.com/2010/08/adi-kepemimpinan-transformatif.pdf (diakses 06/12/2011)
Hendry Clay Landgren, 1980. Educational Psychology in the Classroom, New York: Ed. 6
Hoetomo, 2005. Kamus
Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Mitra Pelajar,
Kusnandar.
(2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo
Maman Ukas.
(2004). Manajemen. Bandung: Agini
Marzuki. Faisal, 2003. MBS Dapat Meningkatkan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah: Analisis
Manajemen Berbasis Sekolah, “Fasilitator” Edisi III. Jakarta:
Grafindo.
Miftah Toha, (2003). Kepemimpinan dalam Manajemen,
Jakarta: PT Raja Grafindo.
Muhaimin.,
Akhmad Azzet. 2007. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media,
Muhammad
Surya. Organisasi profesi, kode etik dan Dewan Kehormatan Guru. Jatinangor: Alqaprint
Mursyid, Media Peduli Pendidikan http://mmursyidpw.files.wordpress.com/2010/05/
kompetensi-kepala-sekolah1.pdf(diakses
06/12/2011)
Pius
Partanto, 2001. Psikologi Pendidikan,
(Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Puskur. Balitbang. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.
Rahman. (2006). Peran Strategis Kapala Sekolah dalam
Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint
Sadili Samsudin. (2006). Manajemen Sumber Daya
Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia
Samani, Muchlas dan Hariyanto,
2011. Konsep dan Model; Pendidikan
Karakter, Bandung: Rosdakarya
Sardiman, A.M., Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007
Soekarto Indara Fachrudi. (2006). Bagaimana
Memimpin Sekolah yang efektif. Bogor: Ghalia Indonesia
Sudarwan Danim. (2002). Inovasi Pendidikan dalam
Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kepandidikan. Bandung: CV Pustaka
Setia.
Sutisna, Oteng., 2000. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk
Praktek Profesional, Cet. 10, Bandung: Angkasa.
Syaiful Sagala. (2002). Administrasi Pendidikan
Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah.
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Weni
Hulukati dan Abd. Kadir Husain, Perkembangan
Siswa (Bahan Ajar), Gorontalo: UNG, 2007
No comments:
Post a Comment