Secara umum manfaat
media pembelajaran yang akan digunakan sebagai media utama pembelajaran Al
Qur’an Hadits dapat dikatakan untuk memperlancar interaksi antara guru dengan
siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien, baik dari
segi teroritis maupun praktikum yang pada akhirnya teraplikasi dalam tindakan.
Ada beberapa jenis media pembelajaran yang biasa digunakan
dalam proses pengajaran al-Qur’an hadits, antara lain :
- Media Grafis
Media grafis termasuk media visual, sebagaimana halnya media
yang lain media grafis berfungsi menyalurkan pesa dari sumber kepenerima pesan.
Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan.pesan yang akan disampaikan
dituangkan kedalam simbol-simbol komunikasi visual.
Simbol-simbol tersebut perlu dipahami benar artinya agar
proses penyampaianpesa dapa berhasil da efisien. Selain fungsi umum tersebut,
secara khusus grafis berfungsi pula untuk menarikperhatian,memperjelas sajian
ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan
atau diabaikan bila tidak digrafiskan. Selain sederhana dan mudah pembuatannya
media grafis termasuk media yang relative mura ditinjau dari segi biayanya.
Banyak jenis media grafis diantaranya:
a. Gambar/Foto
Di antara media pendidikan, gambar/foto adalah media yang
paling umum dipakai. Dia merupakan bahasa ynag paling umm, yang dapat
dimengerti dan dapat dinikmati dimana-mana. Oleh karena itu pepatah cina yang
mengatakan bahwa sebuah gambar berbicara lebih banyak daripada seribu kata.
b. Sketsa
Sketsa adalah gambar yang sederhana, atau draf kasar yang
melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail. Karena setiap orang yang normal
dapat belajar menggambar, setiap guru yang baik dapatlah menuangkan ide-idenya
kedalam bentuk sketsa. Sketsa, selain dapat menarik perhatian murid,
menghindari verbalisme dan dapat memperjelas penyampaian pesan, harganyapun
tidak perlu dipersoalkan sebab madia ini dibuat langsung oleh guru.
Sketsa dapat dibuat secara cepat sementara guru menerangkan,
dapat pula dipakai untuk tujuan tersebut.
2. Teks
Media ini membantu pembelajar fokus pada materi yang
disiswai karena pembelajar cukup mendengarkan tanpa melakukan aktivitas lain
yang menuntut konsentrasi, serta sangat cocok bila digunakan sebagai media
untuk memberikan motivasi. Akan tetapi media teks di dalam multimedia
memerlukan tempat penyimpanan yang besar di dalam komputer, serta memerlukan
software dan hardware yang spesifik agar suara dapat disampaikan melalui komputer.
3. Audio
Media audio memudahkan dalam mengidentifikasi obyek-obyek,
mengklasifikasikan obyek, mampu menunjukkan hubungan spatial dari suatu obyek,
membantu menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret
4. Graphics
Media Grafik mampu menunjukkan obyek dengan idea,
menjelaskan konsep yang sulit, menjelaskan konsep yang abstrak menjadi konkrit,
menunjukkan dengan jelas suatu langkah procedural.
1. Animasi
Media Animasi mampu menunjukkan suatu proses abstrak di mana
pengguna ingin melihat pengaruh perubahan suatu variabel terhadap proses
tersebut. Namun media Animasi menyediakan suatu tiruan yang bila dilakukan pada
peralatan yang sesungguhnya terlalu mahal atau berbahaya (misal simulasi
melihat bentuk tegangan listrik dengan simulasi oscilloscope atau melakukan
praktek menerbangkan pesawat dengan simulasi penerbangan).
6. Video
Video mungkin saja kehilangan detail dalam pemaparan materi
karena siswa harus mampu mengingat detail dari scene ke scene. Umumnya pengguna
menganggap belajar melalui video lebih mudah dibandingkan melalui teks sehingga
pengguna kurang terdorong untuk lebih aktif di dalam berinteraksi dengan
materi. Video memaparkan keadaan riil dari suatu proses, fenomena atau kejadian
sehingga dapat memperkaya pemaparan. Video sangat cocok untuk mengajarkan
materi dalam ranah perilaku atau psikomotor.
Pemilihan media pembelajaran qur’an hadits dengan
menggunakan multi media dapat digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas atau
pembelajaran sendiri. Bisa juga digunakan untuk pembelajaran di rumah dan di
sekolah. Sesi pembelajaran bisa disesuaikan dengan tahap penerimaan dan
pemahaman siswa.
Upaya membuat anak betah belajar di sekolah dengan pemilihan
media yang tepat merupakan kebutuhan, sehingga sekolah tidak lagi menjadi
ruangan yang menakutkan dengan berbagai tugas dan ancaman yang justru
mengkooptasi kemampuan atau potensi dalam diri siswa. Untuk itu, peran serta
masyarakat dan orang tua, komite sekolah merupakan partner yang dapat
merencanakan dan memajukan sekolah. Pemanfaatan teknologi merupakan kebutuhan
mutlak dalam dunia pendidikan sehingga sekolah benar-benar menjadi ruang
belajar dan tempat siswa mengembangkan kemampuannya secara optimal, dan
nantinya mampu berinteraksi ke tengah-tengah masyarakatnya. Lulusan sekolah
yang mampu menjadi bagian intergaral peradaban masyarakatnya. Keinginan
tersebut tidak mudah dicapai apabila sekolah-sekolah yang ada tidak tanggap
untuk melakukan perubahan.
Selain memiliki ciri dan karakteristik tersendiri pemilihan
media dalam pembelejaran Qur’an Hadits juga dapat memberikan manfaat dan fungsi
yang signifikan.
Fungsi media dalam pembelajaran Qur’an Hadits, diantaranya :
- Fungsi atensi
- Fungsi Apektif
- Fungsi Kognitif
- Fungsi Kompensatoris
- Fungsi Psikomotoris
- Fungsi Evaluasi
Manfaat media dalam pembelajaran
Qur’an Hadits, diantaranya :
- Penyampaian materi pembelajaran
dapat diseragamkan
- Proses pembelajaran menjadi
lebih jelas dan menarik
- Efisiensi dalam waktu dan
tenaga
- Meningkatkan kualitas hasil
belajar siswa
- Media memungkinkan proses
belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
- Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
- Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif.
No comments:
Post a Comment