ABSTRAK
Lisna Suleman.
2012. Semangat kerja guru di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program
Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Ansar Made, M.Si dan
Pembimbing II Arifin, M.Pd.
Adapun tujuan
penelitiannya adalah untuk mengetahui semangat kerja guru dalam bidang
administrasi sekolah di di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. dan untuk mengetahui semangat kerja guru dalam
kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Metode yang
dipakai dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, observasi,
dan dokumentasi.
Hasil penelitian
yaitu; 1) Semangat
kerja guru dalam bidang administrasi sekolah di di SMP Negeri 1 Tibawa
Kabupaten Gorontalo kemauan dari setiap guru untuk selalu hadir di sekolah,
saling bekerja sama dengan giat dan disiplin yaitu: a) Presensi guru di sekolah
telah berada pada kategori yang tinggi. Yaitu dari segi Guru hadir dalam Apel
Pagi yang diadakan di Sekolah, Guru datang setelah jam pelajaran di mulai dan
pulang sebelum jam pelajaran berakhir, Guru hadir apabila mendapat undangan
untuk mengikuti kegiatan atau acara dalam instansi telah berjalan baik, b)
Disiplin guru di sekolah telah berada pada kategori yang tinggi. Walaupun di
sisi lain beberapa skor terlihat cukup tinggi, namun dengan adanya pengelolaan
kepala sekolah serta yang utama dibarengi dengan semangat untuk bekerja maka
kedisiplinan dapat dijalankan,
Semangat kerja guru dalam kegiatan
pembelajaran yaitu pada indikator Kerjasama guru di sekolah telah berada pada
kategori yang cukup tinggi. Yaitu guru kurang memiliki kegigihan dalam
memperjuangkan sasaran kendati ada halangan dan kegagalan, Melakukan interaksi
ke sesama guru bila terjadi kesulitan dalam pembelajaran namun Guru tidak ragu
dan bertanya terhadap sesamanya bila ada yang kurang dimengerti, 4) Tanggung
jawab guru di sekolah telah berada pada kategori yang cukup tinggi, 5)
Produktivitas kerja guru di sekolah telah berada pada kategori yang cukup
tinggi. Melakukan interaksi ke sesama guru bila terjadi kesulitan dalam
pembelajaran, Guru tidak ragu dan bertanya terhadap sesamanya bila ada yang
kurang dimengerti.
Adapun saran
dalam penelitian ini adalah; 1) Bagi kepala sekolah agar memaksimalkan
pengelolaan yang dilakukan di sekolah sehingga semangat kerja guru dapat
dipertahankan, 2) Bagi guru hendaknya lebih mendukung segala program yang
dilaksanakan di sekolah sehingga manajemen kepemimpinan kepala sekolah dapat
berjalan dengan lebih baik. 3) Disarankan kepada peneliti selanjutnyan
untuk mengkaji faktor lain yang kiranya dapat mempengaruhi semangat kerja guru
khususnya di SMP Negeri 1 Tibawa.
Kata Kunci : Semangat Kerja
DAFTAR
PUSTAKA
Ali Imron, 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Cet.I; Jakarta: PT. Pustaka Jaya
Alma Buchari, 2011. Belajar Mudah Penelitian: untuk guru, karyawan dan peneliti pemula. Cet:7.
Bandung Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen
Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, Cet. kedua. 1996.
Boardman,
1994. The Naturation of Public
Administration. Alih Bahasa. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Farida,
1996. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta
: Bina Ilmu
Forsyth.
2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta
: Gramedia
Hakim, Lukmanul. 2008. “Perencanaan
Pembelajaran”. Bandung: CV. Wacana Prima.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar
Mengajar Jakarta: Bumi Aksara
House
dan Rizzo. 2002. Manajemen Organisasi.
Jakarta : Rineka Cipta
Kunandar. 2010. Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas
Sebagagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Persada
Luthans, 2003. Reinventing
Goverment. Alih Bahasa. Jakarta : Girimukti Pustaka
Mahmud Yunus, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran Hasil Kuliah pada IAIN
Jakarta) Jakarta: Hidakarya Agung, t.th. 2003.
Moh. Uzer Usman, 2001. Menjadi Guru Profesional
Jakarta: Rosdakarya
Nawawi
2004. Manajemen Strategik Organisasi.
Jakarta : Gramedia
Nawawi, Hadari.
2006. Kepemimpinan Mengefektikan Organisasi.
Yokyakarta: Gadjah Mada Uneversity Press
Piet A. Sahertian, 1994. Profil Pendidik
Profesional. Cet. I; Jakarta: Offset
Sahertian, Piet. 2000.
“Supervisi Pendidikan (Pengembangan SDM)”, Cet. I; Jakarta : Rineka Cipta.
Saud, Udin Syaefudin
Saud. 2010. Pengembangan Profesi Guru,
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode
Penelitian Kombinasi (Mixed Methods): Bandung: Alfabeta
Sulthon,
M. Pd, 2009. Membangun
Semangat Guru, Jakarta, Central Media.
No comments:
Post a Comment