ABSTRAK
Rukmin Isa. 2012. Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat
Di Sekolah Dasar Negeri Segugus Melati Jaya Kecamatan Tibawa. Program
Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Mohamad
Polinggapo, S.Sos, M,Pd dan Pembimbing II Ibu Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.
Adapun
tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui keterampilan Kepala Sekolah
dalam bekerja sama dengan orang lain, untuk mengetahui bentuk
partisipasi kepala sekolah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan untuk
mengetahui kepekaan sosial kepala sekolah dalam kegiatan kelompok
masyarakat, Metode yang
dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskripstif dengan
pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu; 1) Keterampilan Kepala Sekolah dalam bekerja sama
dengan orang lain berada pada kategori sangat baik, dalam arti bahwa dalam
memimpin kepala sekolah selalu bekerja sama dengan orang lain yaitu mampu bekerja sama dengan guru, Staf/karyawan, komite sekolah, dan orang tua
siswa bagi pengembangan dan kemajuan sekolah, mampu bekerja sama dengan atasan bagi pengembangan dan kemajuan
sekolah, mampu bekerja sama
dengan sekolah lain dan instansi pemerintah terkait dalam rangka pengembangan
sekolah. 2) Partisipasi kepala sekolah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berada
pada kategori yang sangat baik, bahwa
dalam memimpin kepala sekolah selalu berpatisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan
yaitu berperan aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan, berperan aktif dalam kegiatan keagamaan, kesenian,
olahraga atau kegiatan masyarakat lainnya dan melibatkan diri dalam pelaksanaan program pemerintah, 3) Kepekaan sosial kepala sekolah dalam kegiatan kelompok
masyarakat berada pada kategori baik, responden menyatakan
bahwa dalam memimpin kepala sekolah sangat peka terhadap kegiatan kelompok masyarakat
yaitu berperan sebagai problem
finder dan problem solver, melibatkan tokoh agama, masyarakat,
dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan, bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik
internal sekolah serta bersikap simpatik dan
empatik terhadap orang lain
Saran dalam
penelitian ini yaitu: 1) Bagi kepala sekolah agar mempertahankan dan
meningkatkan kompetensi sosialnya agar terjaganya hubungan serta partisipasi
masyarakat di Sekolah, 2) Bagi guru agar senantiasi memperhatikan kompetensi
sosial yang dimiliki oleh kepala sekolah sehingga menjadi acuan guru dalam
mengelola kelas, 3) Bagi Gugus Melati Jaya diupayakan sesering mungkin
mengadakan musyawarah kerja agar kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Dasar
se Gugus Melati Jaya dapat berjalan lebih optimal, 3) Bagi peneliti dapat
hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam memimpin lembaga
pendidikan serta dapat menjadi acuan dalam melaksanakan penelitian lainnya
Arikunto.
2002. Prosedur dan Teknik Penelitian. Jakarta. Insan Cipta
Atmodiwirio,
Soebagio. 2001. Manajemen Pendidikan Indonesia,Cet 2, Jakarta: Ardatya jaya
Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo ,2007. Statistik induktif .
Yogyakarta, BPFE UGM
.
Mahdiannur .2009. Psikoslogi Organisasi, LPPM & PT.
Jakarta. Pustaka Binaman Pressindo,
Muhaibin Syah. 2000. Psikologi Pendidikan suatu
Pendekatan Baru. Bandung :
Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Rosda
-------------2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta : Rosda
Sagala. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga
Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Satmoko Retno Sriningsih. 2000. Landasan Kependidikan (Pengantar Ke arah
llmu Pendidikan Pancasila). IKIP Semarang Press: Semarang
Siagian S.P. 2004. filsafat administrasi, Edisi Revisi, Jakarta
: Gunung agung
Sudarwan Danim,2009. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Jakarta PT Ghalia Indonesia
Sudrajat, Ahmad. 2008. Kompetensi Kepala Sekolah, (Online http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/29/kompetensi-kepala-sekolah/ Diakses Mei 2012.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung. Alfabeta
Sumardi,2006. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Jakarta.
PT Ghalia Indonesia,
Sumardi. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung.
Pustaka Setia.
Dokumen :
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jakarta. PT. Armas Duta Jaya
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta.
PT. Armas Duta Jaya
Peraturan Pemerintah RI Nomor 37 Tahun 2009 tentang Guru dan Dosen. 2009. CV.
Eka Jaya
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional
Pendidikan. Jakarta. PT. Armas Duta Jaya
No comments:
Post a Comment