Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

KOMPETENSI SOSIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS MELATI JAYA KECAMATAN TIBAWA



ABSTRAK

Rukmin Isa. 2012. Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat Di Sekolah Dasar Negeri Segugus Melati Jaya Kecamatan Tibawa. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. H. Mohamad Polinggapo, S.Sos, M,Pd dan Pembimbing II Ibu Intan Abdul Razak, S.Ag, M.Pd.

            Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui keterampilan Kepala Sekolah dalam bekerja sama dengan orang lain, untuk mengetahui bentuk partisipasi kepala sekolah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan untuk mengetahui kepekaan sosial kepala sekolah dalam kegiatan kelompok masyarakat, Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskripstif dengan pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu; 1) Keterampilan Kepala Sekolah dalam bekerja sama dengan orang lain berada pada kategori sangat baik, dalam arti bahwa dalam memimpin kepala sekolah selalu bekerja sama dengan orang lain yaitu mampu bekerja sama dengan guru, Staf/karyawan, komite sekolah, dan orang tua siswa bagi pengembangan dan kemajuan sekolah, mampu bekerja sama dengan atasan bagi pengembangan dan kemajuan sekolah, mampu bekerja sama dengan sekolah lain dan instansi pemerintah terkait dalam rangka pengembangan sekolah. 2) Partisipasi kepala sekolah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berada pada kategori yang sangat baik,  bahwa dalam memimpin kepala sekolah selalu berpatisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yaitu berperan aktif dalam organisasi sosial kemasyarakatan, berperan aktif dalam kegiatan keagamaan, kesenian, olahraga atau kegiatan masyarakat lainnya dan melibatkan diri dalam pelaksanaan program pemerintah, 3) Kepekaan sosial kepala sekolah dalam kegiatan kelompok masyarakat berada pada kategori baik, responden menyatakan bahwa dalam memimpin kepala sekolah sangat peka terhadap kegiatan kelompok masyarakat yaitu berperan sebagai problem finder dan problem solver, melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan, bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal sekolah serta bersikap simpatik dan empatik terhadap orang lain
                Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagi kepala sekolah agar mempertahankan dan meningkatkan kompetensi sosialnya agar terjaganya hubungan serta partisipasi masyarakat di Sekolah, 2) Bagi guru agar senantiasi memperhatikan kompetensi sosial yang dimiliki oleh kepala sekolah sehingga menjadi acuan guru dalam mengelola kelas, 3) Bagi Gugus Melati Jaya diupayakan sesering mungkin mengadakan musyawarah kerja agar kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Dasar se Gugus Melati Jaya dapat berjalan lebih optimal, 3) Bagi peneliti dapat hendaknya hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam memimpin lembaga pendidikan serta dapat menjadi acuan dalam melaksanakan penelitian lainnya

Kata Kunci : Kompetensi Sosial, Kepala Sekolah, Partisipasi Masyarakat




Arikunto. 2002. Prosedur dan Teknik Penelitian. Jakarta. Insan Cipta

Atmodiwirio, Soebagio.  2001. Manajemen Pendidikan Indonesia,Cet 2, Jakarta: Ardatya jaya
Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo ,2007. Statistik induktif . Yogyakarta,  BPFE UGM
 .
Mahdiannur .2009. Psikoslogi Organisasi, LPPM & PT. Jakarta. Pustaka Binaman Pressindo,

Muhaibin Syah. 2000. Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Rosda

-------------2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jakarta : Rosda

Sagala. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Satmoko Retno Sriningsih. 2000. Landasan Kependidikan (Pengantar Ke arah llmu Pendidikan Pancasila). IKIP Semarang  Press: Semarang

Siagian S.P. 2004. filsafat administrasi, Edisi Revisi, Jakarta : Gunung agung

Sudarwan Danim,2009. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Jakarta PT Ghalia Indonesia

Sudrajat, Ahmad. 2008. Kompetensi Kepala Sekolah, (Online http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/29/kompetensi-kepala-sekolah/ Diakses Mei 2012. 

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sumardi,2006. Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen, Jakarta. PT Ghalia Indonesia,

Sumardi. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung. Pustaka Setia.



Dokumen :
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. PT. Armas Duta Jaya

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta. PT. Armas Duta Jaya

Peraturan Pemerintah RI Nomor 37 Tahun 2009 tentang Guru dan Dosen. 2009. CV. Eka Jaya

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. PT. Armas Duta Jaya

 

No comments:

Post a Comment