ABSTRAK
Hasna
Usman. 2012. Sistem Evaluasi
Pembelajaran Berbasis Kelas Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu Kecamatan
Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan
Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dr.Fadliah, M.Si dan Pembimbing II Arifin, S.Pd, M.Pd.
Adapun tujuan penelitiannya
adalah untuk mengetahui Input
evaluasi pembelajaran berbasis kelas di
Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu, Proses waktu
evaluasi pembelajaran berbasis kelas di
Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu dan Output
evaluasi pembelajaran berbasis kelas di
Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu; 1) Input evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah
Muhammadiyah Isimu sudah berjalan
dengan baik ditinjau dari segi kesiapan dan kesesuaian instrument evaluasi
dengan tujuan pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
kesesuaian bentuk dan jenis evaluasi dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian
bentuk dan jenis soal yang dilakukan oleh guru di Madrasah Aliyah Muhammadiya
Isimu telah dipadukan dengan perkembangan peserta didik, serta kesiapan semua
jenis instrument yang diperlukan dalam kegiatan evaluasi namun pemahaman guru
tentang aspek-aspek evaluasi berbasis kelas masih kurang tetapi tidak
menghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran karena selalu diarahkan oleh
kepala sekolah, 2) Proses evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah
Muhammadiyah Isimu yaitu
penggunaan instrument di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu hanya untuk
mengetahui hasi belajar peserta didik artinya mengukur kemampuan peserta didik
bahwa sejauhmana ilmu yang diterima selama proses pembelajaran berlangsung
sedangkan Pelaksanaan evaluasi telah berjalan dengan tujuan yang ingin dicapai
oleh guru-guru di sekolah, hasil capaian tujuan tersebut dapat dilihat dengan
skor hasil pengisian instrument oleh peserta didik,
3) Output evaluasi pembelajaran
berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu harus mencapai target
kriteria ketuntasan minimal sehingga bila peserta didik tidak mencapai target
tersebut maka diadakan remedial agar hasil yang dicapai dapat melebihi Nilai
KKM, dilain hal hasil penilaian
seharusnya dapat memotivasi belajar dan menjadi bimbingan bagi pembelajaran
untuk belajar. Bagi pelajar yang mendapat skor yang tinggi akan menjadi
motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan hasilnya sedangkan bagi pelajar
yang mendapat skor rendah menjadi pengalaman untuk lebih berhasil untuk
penilaian berikutnya.
Saran dalam penelitian ini
yaitu: 1) Bagi sekolah, agar lebih mengintensifkan sistem evaluasi pembelajaran
berbasis kelas sehingga evaluasi tidak hanya untuk mengukur hasil belajar siswa
tapi dapat mengukur sifat dan minat siswa dalam menerima pelajaran, 2) Bagi guru hendaknya lebih meningkatkan kompetensi serta pengetahuan
tentang sistem evaluasi pembelajaran berbasis kelas sehingga dapat mempermudah
proses belajar mengajar, 3) Bagi peneliti hendaknya penelitian ini dapat menjadi
acuan dalam melakukan evaluasi pembelajaran serta peneliti lainnya hendaknya
mengkaji faktor-faktor lain yang
berkenaan dengan pembelajaran berbasis kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal 2011. Evaluasi
Pembelajaran; Prinsip Teknikdan Prosedur , Jakarta: Rosdakarya
Arifin, Zaenal.1991. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto.
Departemen Pendidikan Nasional,
2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka
H.M. Sulton Mashud, 2003. Manajemen Pendidikan Islam,
Jakarta : Diva Pustaka
Hamalik.
2009. Dasar-Dasar Pengembangan
Kurikulum. Bandung: PT
Remaja Rosda Karya
Harjanto, 2006. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mulyasa, 2006. Kurikulum Tingkat
Satuan pelajaran. Jakarta : Rosda Karya
Nata, Abudin. 2003. Manajemen
Pendidikan. Jakarta: Kencana
Oemar Hamalik, 2008. Perencanaan Pengajaran;Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta:
Bumi Aksara
Rustia
N.K, 2003. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan, Jakarta, Bina Aksara
Sanjaya,
Wina, 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Miada
Group.
Slameto, 2006. Evaluasi Pendidikan, Jakarta,
Bina Aksara
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar
Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Remaja Rosdakarya.
Undang-undang
Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wakhinuddin S,
2010. Prinsip-Prinsip
Evaluasi Dalam Pembelajaran. (Online) http://wakhinuddin.wordpress.com/2010/01/13/prinsip-prinsip-evaluasi-dalam-pembelajaran/
diakses tanggal 15 Mei 2012)
Dokumen:
Departemen Agama RI, 2005. Standar Nasional
Pendidikan (Peraturan Pemerintah Republik Indoensia Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan(Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan
Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum.
Departemen Agama RI., 2003. Memahami Paradigma Baru
Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas (Jakarta: Direktorat
Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Agama RI., 2007. Undang-Undang Republik Indoensia Nomor 23 Tahun 2003, tentang
Sistem Pendidikan Nasional (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun.
No comments:
Post a Comment