ABSTRAK
Sri Susanti S. Sahidu.
2012. Deskripsi Pengelolaan Taman
Penitipan Anak Mutiara Desa Dulamayo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo.
Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Bapak Drs. Yakob Napu, M.Pd dan Pembimbing II ibu
Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Fokus masalah dalam
penelitian ini adalah bagaimana
Pengelolaan Taman Penitipan Anak Mutiara Kecamatan Bongomeme Kabupaten
Gorontalo? Adapun tujuan penelitiannya adalah Untuk
mendekripsikan Pengelolaan Taman Penitipan Anak Mutiara Kecamatan Bongomeme
Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian
yaitu; 1) Pengembangan rencana pembelajaran perencanaan penyelenggaraan di
taman penitipan anak disusun secara bersama-sama pengurus dan tenaga pendidik
adapun yang menjadi perencanaan yang disusun meliputi kegiatan mingguan dan
kegiatan harian. Rencana kegiatan untuk anak di Taman Penitipan anak dilakukan
secara umum bagi seluruh anak atau tidak bersifat individual hal ini
dikarenakan bahwa kegiatan yang telah disusun oleh pengurus tidak terlalu berat
bagi anak. Adapun Jadwal kegiatan ini disesuaikan dengan jadwal harian anak,
jadi anak di Taman Penitipan Anak Mutiara tidak memiliki jadwal harian
masing-masing, namun seluruh kegiatan harian mengacu pada jadwal pelaksanaan
pembelajaran, 2) Dalam menjalankan kegiatan
di Taman Penitipan Anak Mutiara para tenaga pendidik maupun pengasuh
memperhatikan tingkat perkembangan, kebutuhan, minat dan karakter anak hal ini
dilakukan agar proses pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancer serta
kesehatan dan gizi anak selalu diperhatikan dan merupakan hal yang utama,
disamping itu pemberian gizi seimbang diberikan pada makanan tambahan maupun
makanan pada siang hari dengan memberikan multivitamin bagi anak dan
memperhatikan prinsip-prinsip pelaksanaan yang meliputi proses Pembelajaran
dilaksanakan melalui bermain, kegiatan pembelajaran dilakukan secara bertahap,
berkesinambungan, dan bersifat pembiasaan, proses pembelajaran bersifat aktif,
kreatif, interaktif, efektif, dan menyenangkan, dan Proses pembelajaran
berpusat pada anak,
Saran dalam
penelitian ini yaitu: 1) Bagi Pengelola, taman penitipan hendaknya lebih
mengoptimalkan pengelolaan Taman Penitipan Anak sehingga dari segi kuantitas
jumlah anak akan bertambah, 2) Bagi tenaga pendidik, hendaknya selalu
memperhatikan perkembangan anak khususnya kesehatan gizi, kebutuhan serta karakter
anak sehingga proses kegiatan pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan
lancar.
Kata Kunci : Pengelolaan, Taman Penitipan Anak
No comments:
Post a Comment