ABSTRAK
Nurain Latoin,
2012. “Hubungan kualitas produk terhadap
kepuasan pelanggan di UD Mitra Group Gorontalo dalam perspektif Ekonomi Islam”.
Skripsi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Jurusan Ekonomi Islam. IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) Roni Mohamad, SE,M.Si,
(II) Asna U. Dilo, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Hubungan kualitas
produk terhadap kepuasan pelanggan di UD Mitra Group Gorontalo dalam perspektif
Ekonomi Islam. Adapun tujuan
penelitian adalah 1) untuk mengetahui hubungan
kualitas produk terhadap kepuasaan pelanggan di UD. Mitra Group Gorontalo
menurut perspektif ekonomi Islam
Metode dalam penelitian
ini adalah metode Kuantitatif dengan metode pengumpulan data adalah angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai
berikut, 1) Hipotesis penelitian yang berbunyi ”Terdapat
hubungan antara kualitas produk dengan kepuasaan pelanggan pada UD Miitra Group Gorontalo” dapat diuji kebenarannya. 2) Dari
hasil penelitian terhadap kualitas produk dengan kepuasan pelanggan menunjukkan
bahwa perubahan yang terjadi pada kepuasan pelanggan pada UD Miitra Group Gorontalo” dapat dijelaskan oleh kualitas
produk. Besarnya tingkat hubungan yang ditimbulkan oleh kualitas produk
terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 64,96 %. Tingkat koefisien ini menunjukkan bahwa
kualitas produk yang ada pada UD
Miitra Group memiliki hubungan yang kuat
terhadap kepuasan pelanggan
Adapun saan dalam penelitian ini yaitu:
berkenaan dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum tingkat
kualitas produk pada UD Miitra Group
berada pada tingkat atau level baik dalam memberikan kepuasan kepada
para pelanggannya, untuk itu agar di masa mendatang lebih ditingkatkan. 2) Melihat
potensi pasar dan persaingan yang begitu besar, hendaknya UD Miitra Group harus mampu memuaskan para pelanggannya.
Untuk itu kepuasaan konsumen haruslah menjadi dasar utama bagi perancangan
pembuatan suatu produk seoptimal mungkin sesuai dengan sumber daya yang
dimiliki, 3) Disarankan kepada peneliti selanjutnyan untuk mengkaji faktor lain
yang kiranya dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Kata-kata
kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan
DAFTAR
PUSTAKA
Assauri Sofyan, Manajemen Pemasaran (Dasar dan Strategis),
Jakarta: CV. Rajawali. 1993
Departemen Agama RI, Al-Qur’an
dan Terjemahannya, Semarang : PT. Toha Karya Putra Semarang, 2007
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2008
Dr. H. Ya’qub Hamzah. Etos Kerja Islami, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2001
Dr.H. Buchari Alma, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung: CV.Alfabeta, 2002.
Imam Saefuddin, System, Prinsip dan Tujuan Ekonomi
Islam, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 1996
James C. Collins, Building Your Company's Vision 2007 (Online) www.harvardbusinessreview.com/files/2007.html / Diakses tanggal 3 Januari 2012.
Philip Kotler & Gary Amstorng, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta,
Press Halindo, icn, eid., 1996
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Yogyakarta: Pearson
Education Asia Pte, ltd, 2000
Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA, Manajemen Abad
21, Jakarta: Aksara Bumi Jaya, 2000
Prof. J. Supranto, MA, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT.Rineka Cipta ,
2001
Sadono Sukirno, Pengantar
Teori Mikro Ekonomi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2000
Sarawardi K. Lubis, Hukum Ekonomi Islam.
Jakarta, Sinar Grafika, 2000
Stanton William, Prinsip-Prinsip Pemasaran,
Yogyakarta: Erlangga. 1996
Sudjana, Metode Statistika,
Bandung: Tarsito Bandung, 2002
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis,
Jakarta: Rineka Cipta. 2004
Tjiptono,
Fandy. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: PT. Andi. 1997
No comments:
Post a Comment