Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

HUBUNGAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI UD. MITRA GROUP GORONTALO DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM



ABSTRAK

Nurain Latoin, 2012. “Hubungan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di UD Mitra Group Gorontalo dalam perspektif Ekonomi Islam”. Skripsi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Jurusan Ekonomi Islam. IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I)  Roni Mohamad, SE,M.Si,  (II) Asna U. Dilo, M.Pd.
 

Skripsi ini membahas tentang Hubungan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di UD Mitra Group Gorontalo dalam perspektif Ekonomi Islam. Adapun tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui hubungan kualitas produk terhadap kepuasaan pelanggan di UD. Mitra Group Gorontalo menurut perspektif ekonomi Islam

Metode dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan metode pengumpulan data adalah angket, wawancara dan dokumentasi.

Hasil  penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1) Hipotesis penelitian yang berbunyi ”Terdapat hubungan antara kualitas produk dengan kepuasaan pelanggan pada UD Miitra Group  Gorontalo” dapat diuji kebenarannya. 2) Dari hasil penelitian terhadap kualitas produk dengan kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa perubahan yang terjadi pada kepuasan pelanggan  pada UD Miitra Group  Gorontalo” dapat dijelaskan oleh kualitas produk. Besarnya tingkat hubungan yang ditimbulkan oleh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 64,96 %. Tingkat koefisien ini menunjukkan bahwa kualitas produk yang ada pada UD Miitra Group  memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan pelanggan

Adapun saan dalam penelitian ini yaitu: berkenaan dengan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum tingkat kualitas produk pada UD Miitra Group  berada pada tingkat atau level baik dalam memberikan kepuasan kepada para pelanggannya, untuk itu agar di masa mendatang lebih ditingkatkan. 2) Melihat potensi pasar dan persaingan yang begitu besar, hendaknya UD Miitra Group  harus mampu memuaskan para pelanggannya. Untuk itu kepuasaan konsumen haruslah menjadi dasar utama bagi perancangan pembuatan suatu produk seoptimal mungkin sesuai dengan sumber daya yang dimiliki, 3) Disarankan kepada peneliti selanjutnyan untuk mengkaji faktor lain yang kiranya dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan.


Kata-kata kunci : Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan



DAFTAR PUSTAKA

               
Anonim. Tentang Kepuasan. 2011. (Online) www.wikipedia.com/ Diakses tanggal 5 Januari 2012.

Assauri Sofyan, Manajemen Pemasaran (Dasar dan Strategis), Jakarta: CV. Rajawali. 1993
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang : PT. Toha Karya Putra Semarang, 2007

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2008

Dr. H. Ya’qub Hamzah. Etos Kerja Islami, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2001

Dr.H. Buchari Alma, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, Bandung: CV.Alfabeta, 2002.
           
Imam Saefuddin, System, Prinsip dan Tujuan Ekonomi Islam, (Bandung: CV. Pustaka Setia, 1996

James C. Collins, Building Your Company's Vision 2007 (Online) www.harvardbusinessreview.com/files/2007.html / Diakses tanggal 3 Januari 2012.

Philip Kotler & Gary Amstorng, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta, Press Halindo, icn, eid., 1996
Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Perspektif Asia, Yogyakarta: Pearson Education Asia Pte, ltd, 2000

Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA, Manajemen Abad 21, Jakarta: Aksara Bumi Jaya, 2000

Prof. J. Supranto, MA, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT.Rineka Cipta , 2001

Sadono Sukirno, Pengantar Teori Mikro Ekonomi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2000

Sarawardi K. Lubis, Hukum Ekonomi Islam. Jakarta, Sinar Grafika, 2000

Stanton William, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Yogyakarta: Erlangga. 1996
Sudjana, Metode Statistika, Bandung: Tarsito Bandung, 2002
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta. 2004
Tjiptono, Fandy.  Strategi Pemasaran, Yogyakarta: PT. Andi. 1997

No comments:

Post a Comment