ABSTRAK
Muzna Kadir., 2012. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi
Proses Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs.
Al Khairaat Tilamuta Kab. Boalemo”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan
Tadris, Jurusan Pendidikan
Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I)
Drs. Kasidi, M.Pd, (II)
Zohra Yasin, M.Hi.
Kata-kata kunci :
Faktor, Mempengaruhi, Pembelajaran Bahasa Arab
Skripsi
ini membahas tentang
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran Bahasa
Arab Di MTs. Al Khairaat Tilamuta Kab.
Boalemo. Metode dalam penelitian ini metode kualitatif dengan
metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun
tujuan penelitian adalah Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Bahasa Arab Di MTs. Al Khairaat Tilamuta
Kab. Boalemo.
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan yaitu:
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran Bahasa Arab di MTs. Al-Khairaat Tilamuta Kab.
Boalemo adalah Rendahnya minat, motivasi serta
kehadiran dalam aktivitas belajar siswa yang disebabkan oleh, pemanfaatan
tenaga anak oleh orang tua. Dan Ketidak sesuaian pendidikan guru dengan mata
pelajaran yang diajarkan. Hal berkenaan dengan tingkat pendidikan dan kualifikasi
pendidikan yang dimiliki guru. Faktor pendidikan guru ini selanjutnya
memberikan dampak pada tidak efektifnya pembelajaran dan terakhir akan bermuara
pada kurangnya animo siswa untuk belajar.
Kendala-kendala serta solusi yang dihadapi
dalam proses pembelajaran Bahasa Arab di MTs. Al Khairaat Tilamuta. Kab.
Boalemo yaitu Sebagian besar siswa belum bisa penulisan serta membaca huruf
Arab. Maka pihak sekolah mengupayakan agar siswa ikut dalam pengajian
pesantren, khususnya dalam membaca al-Qur’an. Guru bidang studi bahasa Arab
memegang bidang studi lain bahkan bukan
dari jurusan sarjana pendidikan bahasa Arab itu sendiri. Oleh karenanya, pihak
sekolah terus mengupayakan adanya guru bidang studi bahasa Arab, yang sesuai
dengan jurusan pendidikannya. Guru juga
kesulitan dalam memahami isi kurikulum, disebabkan belum lengkapnya kurikulum
yang mereka miliki, mereka baru memiliki dua atau tiga diantara buku berikut
ini, yaitu garis-garis besar Program Pelajaran (GBPP), tujuan-tujuan
Instruksional. Solusinya, pihak sekolah mengikutsertakan guru-guru bidang studi
dalam kegiatan diklat-diklat serta kepala sekolah, serutin mungkin mengadakan
rapat bulanan, untuk menjelaskan cara dan tujuan pembelajaran bahasa arab. Serta kurangnya sarana dan prasarana penunjang baik dari segi media pembelajaran
serta fasilitas Perpustakaan Sekolah, bagitupun pihak sekolah terus melangkapi
koleksi buku perpustakaan khususnya buku-buku muhaddatsah bahasa arab.
Adapun
saran dalam penelitian ini adalah: 1) Bagi
kepala sekolah diharapkan dapat mengupayakan pihak sekolah terus mengupayakan
adanya guru bidang studi bahasa Arab, yang sesuai dengat jurusan pendidikannya. 2)
Kepada
para tenaga pendidik agar dapat lebih
meningkatkan efektifitas
pembelajaran bagi peserta didik
agar segala kendala dalam pembelajaran dapat dicarikan solusinya.
شحش
ReplyDelete