ABSTRAK
Latojo Zaenal,
2012. “Implikasi Tata Tertib Sekolah
Terhadap Pembentukan Karakteristik Siswa (Studi Terhadap Penerapan Pendidikan
Karakter Di MTs. Al-Huda Kota Gorontalo)”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Asiah T. Pido, MM, (II) Ibnu Rawandhy N.
Hula, M.A.
Kata-kata kunci : Tata Tertib Sekolah, Pembentukan Karakteritik Siswa.
Skripsi ini membahas tentang Implikasi Tata Tertib
Sekolah Terhadap Pembentukan Karakteristik Siswa (Studi Terhadap Penerapan
Pendidikan Karakter Di MTs. Al-Huda Kota Gorontalo). Adapun tujuan penelitian adalah 1) Untuk
mengetahui bentuk Pelaksanaan Tata Tertib di MTs.
Al-Huda Kota Gorontalo, 2) Untuk
mengetahui implikasi tata tertib sekolah terhadap
pembentukan karakteristik siswa di MTs. Al-Huda Kota Gorontalo.
Metode dalam penelitian
ini adalah metode Kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai
berikut, 1) Bentuk
tata tertib di MTs. Al-Huda yaitu, apel pagi, kebersihan, seragam, perilaku
santri, shalat berjamaah dan jam pulang. Adapun
pelaksanaan tata tertib di MTs. Al-Huda Kota Gorontalo yaitu menerapkan
peraturan keamananan dengan menjaga keamananan bagi kalangan siswa, memberikan
sanksi skorsing bagi siswa yang berkelahi, peraturan kebersihan dengan menjaga
kebersihan kelas dan lingkungan sekolah dengan membuat jadwal kebersihan di
sekolah, dan peraturan ketertiban,
khususnya dalam memakai seragam sekolah serta tata pergaulan bagi siswa
laki-laki dan siswa perempuan, 2) Implikasi tata tertib sekolah terhadap
pembentukan karakteristik siswa di MTs. Al-Huda Kota Gorontalo yaitu: Peraturan
atau tata tertib kebersihan dinilai sangat membantu dalam pembentukan karakter
peserta didik khususnya dalam kreativitas siswa dalam melaksanakan dalam
mengolah sampah menjadi hiasan dalam kelas, program kepala sekolah berkenaan
dengan tata tertib peraturan keamana serta apel kehadiran pada pagi hari diaggap dapat membantu karakter disiplin
belajar siswa untuk berusaha datang lebih awal ke sekolah juga dapat membantu
guru dalam pembelajaran, membentuk karakter sifat religius dalam bentuk
pembinaan keimanaan dan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa maka pihak
sekolah mengadakan kegiatan rutin yaitu shalat dzuhur berjamaah, tata pergaulan
serta seragam sekolah yang berbasis Islam, dan tata krama di sekolah maka siswa
lebih komunikatif dalam melakukan percakapan disamping itu siswa mampu dan
dapat bersahabat dengan siapapun yang diinginkan.
DAFTAR
PUSTAKA
Al-Ghifari, Abu
Remaja Korban Mode, Bandung: Mujahid Press, 2004.
Al-Farabi,
Faruq. Remaja Gaul Kebablasan,
Yokyakarta: Sabil. Edisi Terlaris 2009.
Arikunto, Disiplin Nasional dan Etos Kerja di Indonesia, Jakarta
Selatan: Citra Luhur Tata Mandiri, t.th.
Arthur dalam
makalahnya berjudul Traditional
Approaches to Character Education in Britain and America, Nucci and
Narvaez, 2008.
Azzet. Akhmad
Muhaimin., Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media, 2007
Departemen
Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya,
Semarang; PT. Karya Toha Putra Semarang, 2007.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Balai Pustaka, 2007.
Depdiknas, Pedoman Tatakrama dan Tata Tertib Kehidupan Sosial bagi SMP, Jakarta: Depdiknas, 2001.
Direktorat
Jenderal Pendidikan, Draft Grand Design
Pendidikan Karakter, Arah Serta Tahaan Prioritas Pendidikan Karakter bangsa
Tahun 2010-2025. Kementerian Pendidikan Nasional.
Direktorat
Pendidikan Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 2000.
Djahiri. Achmad Kosasih, Strategi Pengajaran
Afektif-Nilai-Moral V.C.T. dan Games dalam V.C.T. Jurusan PMPKN IKIP
Bandung.1985.
Emile,
Durkheim. Moral Education, Terj. Lukas
Ginting, Jakarta: Penerbit Erlangga,1990.
Hoetomo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Mitra Pelajar, 2005.
Hulukati, Weni
dan Abd. Kadir Husain, Perkembangan Siswa
(Bahan Ajar), Gorontalo: UNG, 2007.
Hurlock, E. B.. Perkembangan
Anak: Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan
Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga. 1990.
Indrakusuma,
A.D. Pengantar Ilmu Pengetahuan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP
Malang. 1973.
Kemendiknas.. Pembinaan
Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta, 2010.
Landgren,
Hendry Clay. Educational Psychology in
the Classroom, New York: Ed. 6, 1980.
Lexy
J. Maleong, Metodologi Penelitian
Kualitatif, Bandung : Remaja
Rosdakarya, Cet, XIII, 2001.
Partanto, Pius
A. dan M. Dahlan al-Barry, Kamus Ilmiah
Populer, Surabaya: Arloka, 2001.
Puskur.
Balitbang., Pengembangan Pendidikan
Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas
Balitbang Puskur ,2010
Samani, Muchlas
dan Hariyanto, Konsep dan Model; Pendidikan
Karakter, Bandung: Rosdakarya, 2011.
Utami,
Munandar, Mengembangkan Bakat dan
Kreatifitas Anak Sekolah,
Jakarta; Grasindo, 1999.
Warsono, dkk.,
Model Pendidikan Karakter di Universitas Negeri Surabaya, Surabaya: Unesa.
2007.
Wasito,
Hermawan. Pengantar Metodologi Penelitian, Buku Panduan Mahasiswa Jakarta
: PT. Gramedia Utama, 1997.
Yousda, Ine
Amirman dan Zainal Arifin, Penelitian dan Statistik Pendidikan, Jakarta
: Bumi Aksara, 1992.
No comments:
Post a Comment