ABSTRAK
Rasuna I. Mohune. 2012. Manajemen Konflik Oleh Kepala
Sekolah Di Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Molowahu. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asrin,M.Pd dan
Pembimbing II Arifin.,S.Pd. M.Pd.
Adapun
tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi
kepala sekolah dalam mengelolah konflik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten
Gorontalo, untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam
mengendalikan konflik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah
Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, untuk mengetahui dampak konflik terhadap kinerja kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Molowahu Kecamatan
Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian
dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kualitatif
metode yakni suatu
penggambaran atas data dengan menggunakan kata-kata dan atau kalimat
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Konflik
yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Molowahu
Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo meliputi konflik interpersonal yaitu
konflik yang muncul dari dalam diri guru yaitu pemberian insentif yang tidak
sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan dan konflik intrapersonal yaitu konflik
yang terjadi sesama guru diakibatkan pembagian tugas yang tidak merata kepada
guru sehingga Strategi kepala sekolah dalam mengelola konflik di Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo kepala
sekolah telah menyusun rencana kerja dalam memanange konflik yaitu a) Memahami atau konflik-konflik yang dapat
diterima; b) Selidiki sumber-sumber konflik, c) Menentukan cara untuk
mengatasi. Serta pemecahan masalah, musyawarah, koordinasi, bantuan pihak
ketiga dalam hal ini pengawas. 2) Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam
mengendalikan konflik mengacu pada rencana maupun program yang telah dibuat,
namun untuk menentukan langkah program mana yang paling tepat, maka kepala
sekolah menyelediki dulu sumber konflik yang terjadi, dengan perbaikan
tujuan/sub tujuan sekolah, klarifikasi tugas/wewenang setiap guru,
penyempurnaan kebijakan, rotasi guru, dan melakukan pelatihan jika memang
diperlukan. Adapun langkah yang paling cepat dalam pengelolaan konflik yaitu
dengan musyawarah seluruh staff dewan guru sehingga dapat mencari solusi secara
bersama, 3) Dampak
konflik terhadap kinerja kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Molowahu Kecamatan Tibawa Kabupaten
Gorontalo memberikan dampak
yang positif yaitu dapat menyebabkan konflik-konflik yang tersembunyi dapat
muncul sehingga dapat diselesaikan dan berdampak negatif yaitu mengakibatkan
saling benci, namun wujud dari dampak itu dimanifetasikan oleh kepala sekolah
untuk terus maju untuk memimpin sekolah serta mengelola konflik dengan
sebaik-baiknya.
Adapun
saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Kepala sekolah hendaknya dapat menciptakan
suasana yang harmonis, agar tidak terjadi konflik yang berdampak negative pada
tenaga kependidikan. Lebih dari itu, bagaimana kepala sekolah bersama tenaga
kependidikan dapat mengendalikan konflik dan memanfaatkannya untuk kemajuan
lembaga, 2) Dengan berdasarkan hasil penelitian, kepada guru hendaknya dapat
mengendalikan dan mengupayakan tidak terjadinya konflik di sekolah agar proses
pembelajaran berjalan dengan lancar.
Kata Kunci : manajemen, konflik, kepala sekolah
DAFTAR
PUSTAKA
Adi Suparto.Kepemimpinan
Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen Konflik Dengan Pendekatan
Kecerdasan Emosional Pada Satuan Pendidikan Dasar
http://utsurabaya.files.wordpress.com/2010/08/adi-kepemimpinan-transformatif.pdf). Diakses
(05 Desember 2011)
Burhanuddin. (2002). Manajemen Pendidikan. Malang. Universitas Negeri MalangDirektorat
Pendidikan Umum. (1999). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta. Proyek Peningkatan
Mutu SMU
Bogdan, R.C. & Biklen S.K.
(1982). Qualitative Research for Education : An Introduction to Theory and
Methode. Boston : Allyn and Bacon, Inc.
Goleman.1995. Emotional Intelligence: Why it can
Matter More then IQ. New York: Bantam
Books.
____________. 2002. Working
With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka
Utama.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Bandung: Remaja Rosda.
Nawawi, Hadari., 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press,
Rostiana. (2004). Hubungan
antara Kesehatan Mental Individu dengan Efektivitas Pengendalian Konflik Interpersonal
pada Karyawan. Abstrak laporan penelitian. Fakultas Psikologi Universitas
Tarumanegara
Rostiana & Ninawati. (2003). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Persepsi Pimpinan terhadap
Proses Pengambilan Keputusan.
Abstrak laporan penelitian. Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara.
Sedarmayanti, 2004, Good Governance (Kepemerintahan Yang Baik), Bagian Kedua, Bandung :
CV. Mandar Maju
Sumardjo. (2010). Solusi
Untuk Potensi Konflik Organisasi/Perusahaan Dengan Pihak Lain. Tidak
Diterbitkan. Bogor. Care LPPM IPB
(Center For Alternative Dispute Resolution And Empowerment-IPB)
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualittatif,
dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sutopo, Hendiyat. (2001). Administrasi
Manajemen dan organisasi. Jakarta. Lembaga Admistari Negara
______________.
2010. Perilaku Organisasi.
Bandung: Remaja Rosdakarya,
Syafaruddin dan Irwan nasution,
2005. Manajemen Pembelajaran,
Ciputat: Quantum teaching
Tiatri dan Ninawati. (2003). Hubungan antara Locus Control, Dukungan
Sosial, Dengan Stres Kerja pada Guru. Abstrak laporan penelitian. Fakultas
Psikologi Universitas Tarumanegara.
Wahjosumidjo. 2001.
“Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya,”
Cet. II; Jakarta : Raja Grafindo Persada
Waruwu&
Endah. (2005). Gambaran Faktor Pelindung
Resiliensi di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif terhadap ennam sekolah dasar
negeri di Jakarta Pusat). Abstrak laporan penelitian. Fakultas Psikologi
Universitas Tarumanegara.
Winardi,
2000. Kepemimipinan dalam Manajemen,
Jakarta: Rineka Cipta
Zamralita. (2005). Hubungan
antara Self Efficacy dan Stres Kerja Guru (Studi Pada 81 Guru SMU Swasta
Katolik di Jakarta Barat). Abstrak laporan penelitian. Fakultas Psikologi
Universitas Tarumanegara
No comments:
Post a Comment