Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI ZAKAT MELALUI METODE JIGSAW BAGI SISWA KELAS VI SDN INPRES HULAWA KECAMATAN BUNTULIA



ABSTRAK

Ayun Paana, 2012. “Peningkatan Hasil Belajar Materi Zakat Melalui Metode Jigsaw Bagi Siswa Kelas VI SDN Inpres Hulawa Kecamatan Buntulia”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I)  Dra. Hj. Siti Asiah T. Pido, MM,  (II) Dr. Ridwan Tohopi, M.Si.
 

Kata-kata kunci : Hasil Belajar. Metode Jigsaw

Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Materi Zakat Melalui Metode Jigsaw Bagi Siswa Kelas VI SDN Inpres Hulawa Kecamatan Buntulia. Hal mendasar yang dihadapi atau dikeluhkan oleh guru Pendidikan Agama Islam sewaktu melaksanakan aktivitas pembelajaran pada materi zakat di kelas VI SDN Inpres Hulawa adalah rendahnya hasil belajar. OLeh karena itu penulis memilih metode jigsaw dimana metode jigsaw ini berpusat pada peserta didik yang memiliki keunggulannya siswa dapat menerapkan bimbingan sesama teman. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil Belajar Materi Zakat Siswa Kelas VI SDN Inpres Hulawa Kecamatan Buntulia pada pembelajaran PAI materi zakat.

            Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat prosedur penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan analisis/refleksi.

            Hasil  penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1) Hasil belajar siswa materi zakat pada pembelajaran Agama Islam  dapat ditingkatkan melalui metode jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek yang diamati pada salah satu materi pendidikan Agama Islam  yaitu tentang zakat dengan indikator pengamatan adalah a) Menjelaskan pengertian zakat, b) Menyebutkan Macam-Macam zakat, c) Menyebutkan ketentuan zakat fitrah, d) Menyebutkan manfaat zakat fitrah. 2) Dari pelaksanaan tindakan kelas yang dilakukan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa materi zakat pada siswa kelas VI terdiri dari kegiatan observasi awal, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. 3) Hasil penelitian ini telah mampu menjawab hipotesis dalam penelitian ini yaitu “jika digunakan metode jigsaw maka hasil belajar materi zakat pada siswa kelas VI di SDN Inpres Hulawa dapat ditingkatkan.




DAFTAR PUSTAKA

Ainurrafiq Dawam dan Ahmad Ta’arifin Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Jakarta : Lista Fariska Putra, 2004
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta :Balai Pustaka, 2001
___________________, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta :Balai Pustaka, 2001
Departemen Pendidikan Nasional. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan 2006
H.M Suparta dan Herry Noer Aly, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Amisco, 2003
Haling, A. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan  Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
Hamalik, Oemar .Tekhnik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan, Bandung: Mandar Maju, 1997
______________, Kurikulum dan Pembelajaran,Jakarta: bumi aksara 2003 
Hamzah B. Uno dan Satria M.A. Koni, Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: MQS Publishing, 2009
Oemar malik, kurikulum dan pembelajaran, (Jakarta: bumi aksara, 2003
Sudjatmiko, Rangkuman Materi Model-model Pembelajaran Alternatif, Berbasis Kompetensi.
Suhartin P, Metode Pembelajaran Aktiv, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2001
Sunarto, Pengertian dan Penerapan Metode Jigsaw (Online) http://sunartombs.wordpress.com/2009/06/15/pengertian-dan-penerapan-metode-jigsaw/ dikases tanggal 17 Juni 2012
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar Bandung: Alfabeta, 2006
Tursten Husen, Masyarakat Belajar, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, t.th.
Yunus Namsa, Metodologi Pengajaran Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000


No comments:

Post a Comment