ABSTRAK
Ayun Paana, 2012. “Peningkatan Hasil Belajar Materi Zakat Melalui Metode Jigsaw Bagi
Siswa Kelas VI SDN Inpres Hulawa Kecamatan Buntulia”. Skripsi Fakultas Tarbiyah
dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) Dra. Hj. Siti Asiah T. Pido, MM, (II) Dr. Ridwan
Tohopi, M.Si.
Kata-kata kunci : Hasil Belajar. Metode Jigsaw
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil
Belajar Materi Zakat Melalui Metode Jigsaw Bagi Siswa Kelas VI SDN Inpres
Hulawa Kecamatan Buntulia. Hal mendasar yang dihadapi atau dikeluhkan oleh
guru Pendidikan Agama Islam sewaktu melaksanakan aktivitas pembelajaran pada
materi zakat di kelas VI SDN Inpres Hulawa adalah rendahnya hasil belajar. OLeh
karena itu penulis memilih metode jigsaw dimana metode jigsaw ini berpusat pada
peserta didik yang memiliki keunggulannya siswa dapat menerapkan bimbingan
sesama teman. Adapun tujuan
penelitian adalah untuk meningkatkan
hasil Belajar Materi Zakat Siswa Kelas VI SDN Inpres Hulawa
Kecamatan Buntulia pada pembelajaran PAI materi zakat.
Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat prosedur
penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan
analisis/refleksi.
Hasil
penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1) Hasil belajar siswa materi zakat pada pembelajaran Agama
Islam dapat ditingkatkan melalui metode
jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari aspek-aspek yang diamati pada salah satu
materi pendidikan Agama Islam yaitu
tentang zakat dengan indikator pengamatan adalah a) Menjelaskan pengertian zakat, b) Menyebutkan Macam-Macam zakat, c) Menyebutkan
ketentuan zakat fitrah, d) Menyebutkan
manfaat zakat fitrah. 2) Dari pelaksanaan tindakan
kelas yang dilakukan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa materi zakat
pada siswa kelas VI terdiri dari kegiatan observasi awal, tindakan siklus I dan
tindakan siklus II. 3) Hasil penelitian ini telah mampu menjawab hipotesis
dalam penelitian ini yaitu “jika digunakan metode jigsaw maka hasil belajar
materi zakat pada siswa kelas VI di SDN Inpres Hulawa dapat ditingkatkan.
DAFTAR
PUSTAKA
Ainurrafiq Dawam dan Ahmad Ta’arifin Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, Jakarta : Lista Fariska
Putra, 2004
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta
:Balai Pustaka, 2001
___________________, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta :Balai Pustaka, 2001
Departemen Pendidikan Nasional. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan 2006
H.M Suparta dan Herry Noer Aly, Metodologi
Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Amisco, 2003
Haling, A. 2006. Belajar
Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
Hamalik, Oemar .Tekhnik Pengukuran dan
Evaluasi Pendidikan, Bandung: Mandar Maju, 1997
______________, Kurikulum dan Pembelajaran,Jakarta: bumi aksara 2003
Hamzah B. Uno
dan Satria M.A. Koni, Penelitian Tindakan
Kelas, (Bandung: MQS Publishing, 2009
Oemar malik, kurikulum dan
pembelajaran, (Jakarta: bumi aksara, 2003
Sudjatmiko, Rangkuman Materi Model-model Pembelajaran Alternatif, Berbasis Kompetensi.
Suhartin P, Metode Pembelajaran Aktiv, Jakarta : PT.
Rineka Cipta, 2001
Sunarto, Pengertian dan Penerapan Metode Jigsaw (Online) http://sunartombs.wordpress.com/2009/06/15/pengertian-dan-penerapan-metode-jigsaw/
dikases tanggal 17 Juni 2012
Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu
Memecahkan Problematika Belajar Mengajar Bandung: Alfabeta, 2006
Tursten Husen, Masyarakat Belajar, (Jakarta
: Raja Grafindo Persada, t.th.
Yunus Namsa, Metodologi
Pengajaran Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2000
No comments:
Post a Comment