ABSTRAK
Esternita Akune, 2011. “Meningkatkan Disiplin
Anak Melalui Teknik Layanan Informasi Di TK Handayani Tabulo Kecamatan Mananggu
Kabupaten Boalemo”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) DR. Hj. Supiah, M.Pd, (II) Herson Anwar,
M.Pd.
Kata-kata kunci : Disiplin, Teknik Layanan Informasi, Taman Kanak-kanak.
Skripsi ini membahas
tentang Meningkatkan Disiplin Anak
Melalui Teknik Layanan Informasi Di TK Handayani Tabulo Kecamatan Mananggu
Kabupaten Boalemo. Adapun masalah dalam penelitian ini Apakah
penerapan teknik layanan informasi dapat meningkatkan disiplin anak di TK
Handayani Tabulo Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Adapun Tujuan penelitian
ini yaitu untuk mengetahui penerapan teknik layanan informasi dalam
meningkatkan disiplin anak di TK Handayani Tabulo Kecamatan Mananggu Kabupaten
Gorontalo.
Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan data adalah observasi, tes kongnitif dan wawancara.
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai
berikut, 1) Teknik
layanan informasi merupakan
salah satu teknik yang dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan disiplin anak.
Dengan teknik informasi, guru dapat menjelaskan
bentuk-bentuk disiplin kepada anak, daya nalar anak untuk menerapkan disiplin
disekolah dan yang paling
utama yakni teknik informasi dapat membantu anak untuk memberikan perubahan positif dan kesadaran personalnya terhadap penerapan
disiplin. 2)
Peningkatan Disiplin anak
melalui tekhnik layanan informasi di TK Handayani Tabulo berjalan kondusif hal
ini di dukung oleh teknik yang diberikan oleh guru sesuai dengan kondisi jiwa
anak usia dini. 3) Kendala peningkatan disiplin melalui teknik
layanan informasi yaitu siswa belum mengerti akan arti dari disiplin sekolah sehingga butuh penjelasan
yang lebih mendalam oleh guru dengan menggunakan teknik layanan informasi.
Saran dalam penelitian
ini adalah: 1) Kepada pihak sekolah untuk menyediakan fasilitas belajar khususnya
media teknik layanan informasi, yaitu cart dan alat peraga yang dapat membantu
anak dalam peningkatan disiplin. 2) Disarankan kepada setiap guru untuk lebih kreatif dalam proses
pembelajaran anak usia dini. 3) Diharapkan kepada pemerintah untuk lebih aktif meningkatkan kualitas
guru melalui pelatihan peningkatan mutu guru agar kualitas pembelajaran dapat
tercapai.
No comments:
Post a Comment