Untuk mengukur keberhasilan atau
efektivitas pelayanan kepada masyarakat, menurut Suhady (2000:25) yaitu
pelayanan yang berkualitas terdiri dari empat faktor, yang dijelaskan oleh penulis sebagai berikut :
1) Ketepatan, yaitu petugas yang melayani memberikan atau
melakukan pelayanan yang sesuai dengan
apa yang dibutuhkan oleh yang dilayani;
Ketepatan pelayanan merupakan
isyarat bahwa masyarakat berhak mendapatkan pelayanan sesuai dengan
kebutuhannya, dan petugas pun dengan lebih rinci dan akurat berupaya mengadakan
hal tersebut. Ketepatan dalam pelayanan
untuk memastikan kepada konsumen bahwa yang diberikan oleh petugas pelayanan
dapat diterima dengan baik tanpa adanya keluhan sedikitpun.
2) Kecepatan, yaitu petugas yang melayani memberikan dan
melakukan pelayanan secara tepat waktu agar yang dilayani tidak merasa jenuh;
Kecepatan yang dimaksud adalah
kegiatan pelayanan yang tidak menyulitkan masyarakat dengan harus menunggu
lama, waktu yang tidak terbuang sia-sia dalam hal pengurusan sesuatu hal. Kecepatan bukan berarti terburu-buru dalam melayani
konsumen, akan tetapi dimaksudkan agar pelayanan tersebut tepat waktu sesuai
target konsumen.
3) Keramahan, yaitu petugas yang melayani memperlakukan yang
dilayani dengan sopan dan beretika;
Berkaitan dengan etika pelayanan
petugas dalam hal ini pegawai dalam melayani masyarakat, senyum kepada
masyarakat dan tidak mengeluarkan amarah bila masyarakat tersebut bertanya
tentang sesuatu yang belum dimengerti.
4) Murah, yaitu yang dilayani merasa tidak terbebani atas
pelayanan yang diberikan.
Murah dalam hal ini
dapat dijangkau oleh masyarakat pada umumnya tentang biaya yang dibebankan pada
layanan tersebut. Pelayanan yang murah dapat memicu kepuasan masyarakat tentang
kualitas pelayanan yang diberikan oleh pegawai. Murah dan tidak membebani masyarakat tujuannya
agar masyarakat merasa terbantukan dengan pelayanan yang diberikan.
Rujukan diatas dapat dijadikan indikator pelayanan administrasi**
Sumber:
Suhady,
Idup, 2000, Kebijakan Pendayagunaan
Aparatur Negara, Jakarta : LAN Republik Indonesia
Abdul Rauf Mayang., SE., MM. Efektivitas Pelayanan Administrasi pada Masyarakat. (artikel online) Gorontalo: Pondok Mahasiswa.
Your Affiliate Money Printing Machine is waiting -
ReplyDeleteAnd making money with it is as easy as 1--2--3!
This is how it all works...
STEP 1. Input into the system what affiliate products you intend to promote
STEP 2. Add push button traffic (it ONLY takes 2 minutes)
STEP 3. Watch the system grow your list and up-sell your affiliate products on it's own!
Do you want to start making money?
Click here to make money with the system
As reported by Stanford Medical, It's really the SINGLE reason this country's women live 10 years longer and weigh 42 pounds less than we do.
ReplyDelete(And by the way, it really has NOTHING to do with genetics or some secret diet and absolutely EVERYTHING around "how" they are eating.)
BTW, What I said is "HOW", and not "what"...
TAP this link to discover if this quick questionnaire can help you unlock your true weight loss possibility