Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

SISTEM EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS KELAS DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH ISIMU KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO



ABSTRAK

Hasna Usman. 2012. Sistem Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kelas Di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Fadliah, M.Si dan Pembimbing II Arifin, S.Pd, M.Pd.

Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui Input evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu, Proses waktu evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu dan Output evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian yaitu; 1) Input evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu sudah berjalan dengan baik ditinjau dari segi kesiapan dan kesesuaian instrument evaluasi dengan tujuan pembelajaran dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kesesuaian bentuk dan jenis evaluasi dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian bentuk dan jenis soal yang dilakukan oleh guru di Madrasah Aliyah Muhammadiya Isimu telah dipadukan dengan perkembangan peserta didik, serta kesiapan semua jenis instrument yang diperlukan dalam kegiatan evaluasi namun pemahaman guru tentang aspek-aspek evaluasi berbasis kelas masih kurang tetapi tidak menghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran karena selalu diarahkan oleh kepala sekolah, 2) Proses evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu yaitu penggunaan instrument di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu hanya untuk mengetahui hasi belajar peserta didik artinya mengukur kemampuan peserta didik bahwa sejauhmana ilmu yang diterima selama proses pembelajaran berlangsung sedangkan Pelaksanaan evaluasi telah berjalan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh guru-guru di sekolah, hasil capaian tujuan tersebut dapat dilihat dengan skor hasil pengisian instrument oleh peserta didik, 3) Output evaluasi pembelajaran berbasis kelas di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Isimu harus mencapai target kriteria ketuntasan minimal sehingga bila peserta didik tidak mencapai target tersebut maka diadakan remedial agar hasil yang dicapai dapat melebihi Nilai KKM, dilain hal hasil penilaian seharusnya dapat memotivasi belajar dan menjadi bimbingan bagi pembelajaran untuk belajar. Bagi pelajar yang mendapat skor yang tinggi akan menjadi motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan hasilnya sedangkan bagi pelajar yang mendapat skor rendah menjadi pengalaman untuk lebih berhasil untuk penilaian berikutnya.

Saran dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagi sekolah, agar lebih mengintensifkan sistem evaluasi pembelajaran berbasis kelas sehingga evaluasi tidak hanya untuk mengukur hasil belajar siswa tapi dapat mengukur sifat dan minat siswa dalam menerima pelajaran, 2) Bagi guru hendaknya lebih meningkatkan kompetensi serta pengetahuan tentang sistem evaluasi pembelajaran berbasis kelas sehingga dapat mempermudah proses belajar mengajar, 3) Bagi peneliti hendaknya penelitian ini dapat menjadi acuan dalam melakukan evaluasi pembelajaran serta peneliti lainnya hendaknya mengkaji faktor-faktor  lain yang berkenaan dengan pembelajaran berbasis kelas.

Kata Kunci : Sistem Evaluasi, Pembelajaran Berbasis Kelas



DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zainal 2011. Evaluasi Pembelajaran; Prinsip Teknikdan Prosedur , Jakarta: Rosdakarya
Arifin, Zaenal.1991. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Arikunto.
Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
H.M. Sulton Mashud, 2003. Manajemen Pendidikan Islam, Jakarta : Diva Pustaka
Hamalik. 2009. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung:  PT Remaja Rosda Karya
Harjanto, 2006. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mulyasa,  2006. Kurikulum Tingkat Satuan pelajaran.  Jakarta : Rosda Karya
Nata, Abudin. 2003. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana
Oemar Hamalik, 2008. Perencanaan Pengajaran;Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara
Rustia N.K, 2003. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan, Jakarta, Bina Aksara
Sanjaya, Wina, 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Miada Group.
Slameto, 2006. Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wakhinuddin S, 2010. Prinsip-Prinsip Evaluasi Dalam Pembelajaran. (Online) http://wakhinuddin.wordpress.com/2010/01/13/prinsip-prinsip-evaluasi-dalam-pembelajaran/ diakses tanggal 15 Mei 2012)


 Dokumen:

Departemen Agama RI, 2005. Standar Nasional Pendidikan (Peraturan Pemerintah Republik Indoensia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan(Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Madrasah dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum.

Departemen Agama RI., 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas (Jakarta: Direktorat Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Agama RI., 2007. Undang-Undang  Republik Indoensia Nomor 23 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun.

 

No comments:

Post a Comment