Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

KETELADANAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK PERILAKU ANAK USIA DINI DI PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PELANGI DESA MODELOMO KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO



ABSTRAK
Rahmiyati Daud., 2012. Keteladanan Orang Tua Dalam Membentuk Perilaku Anak Usia Dini di PPAUD Pelangi Desa Modelomo Kabupaten Boalemo. Skripsi Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo Pembimbing: (I) Dra. Hj. Supiah, M.Pd (II) Herson Anwar, M.Pd.
 

Kata-kata kunci : Keteladanan, Orang Tua, Perilaku Anak

Permasalah skripsi ini membahas tentang keteladanan orang tua dalam membentuk perilaku anak usia dini di PPAUD Pelangi Desa Modelomo Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keteladanan orang tua pada anak usia dini di PPAUD Pelangi Desa Modelomo Kabupaten Boalemo, untuk mengetahui implikasi keteladanan orang tua dalam membentuk perilaku Anak Usia Dini Di PPAUD Pelangi Desa Modelomo Kabupaten Boalemo.
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan bahwa 1) Pada umumnya perilaku anak usia dini kadang dipengaruhi oleh lingkungan keluarga contoh dalam satu keluarga tidak melaksanakan sholat lima waktu maka anak itu pun tidak akan melaksanakan sholat sehingga dapat mempengaruhi perilaku anak itu menjadi tidak baik karena orang tua tidak memberikan suri tauladan yang baik terhadap anak. Terkait perilaku anak usia dini Di PPAUD Pelangi Desa Modelomo Kabupaten Boalemo dapat penulis gambarkan bahwa perilaku anak usia dini di PPAUD Pelangi sangat beragam. Hal ini diketahui melalui pengamatan penulis serta informasi dari guru di PPAUD Pelangi bahwa perilaku anak di PPAUD Pelangi sangat beragam, ada yang baik, cengeng, pendiam, nakal, periang, bahkan ada yang suka mengganggu temannya di dalam kelas, 2) Pada dasarnya peran orang tua dalam hal keteladanan sangat penting. Untuk itu terdapat aspek-aspek keteladanan orang tua yang cukup penting Pengaruh langsung yang disengaja yaitu sengaja dilakukan oleh orang tua agar dilihat atau bahkan dilakukan oleh anak misalnya pembiasan dalam melaksanakan shalat dan Pengaruh yang tidak disengaja yaitu keadaan orangtua yang mengakibatkan orangtua berbeda dalam memdidik anak sehingga berbeda pula pribadi anak tidak mampu dan pribadi anak dari keluarga yang mampu begitu pula keluarga yang berpendidikan. Orang tua harus memberikan keteladanan yang baik  pada anak. Agar anak pun bisa berkelakuan baik mengikuti sifat orang tuanya, sehinggga berpengaruh dalam segala kehidupan anak baik di keluarga maupun di sekolah. Selain itu pendidikan dan tingkat pemahaman orang tua yang menjadi kendala dalam membentuk sebuah perilaku anak.
Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) Orang tua hendaknya memberikan keteladanan yang baik terhadap anak-anaknya serta memperhatikan segala pergaulan anak-anaknya dengan lingkungan masyarakat serta teman bermainnya. 2) Tokoh masyarakat dan tokoh agama lebih banyak memberikan penyuluhan kepada masyarakat khususnya orang tua murid agar mereka bisa memahami pentingnya kelanjutan pendidikan anak. 3) Orang tua hendaknya lebih aktif mengikuti kegiatan sosial masyarakat, sehingga dengan kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan terutama perkembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan, yang pada akhirnya orang tua merasa bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan pendidikan  khususnya di PPAUD Pelangi.

No comments:

Post a Comment