Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK MELALUI TEKNIK LAYANAN INFORMASI DI TK HANDAYANI TABULO KECAMATAN MANANGGU KABUPATEN BOALEMO



ABSTRAK

Esternita Akune, 2011. Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Teknik Layanan Informasi Di TK Handayani Tabulo Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) DR. Hj. Supiah, M.Pd,  (II) Herson Anwar, M.Pd.
 
Kata-kata kunci : Disiplin, Teknik Layanan Informasi, Taman Kanak-kanak.

            Skripsi ini membahas tentang Meningkatkan Disiplin Anak Melalui Teknik Layanan Informasi Di TK Handayani Tabulo Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Adapun masalah dalam penelitian ini Apakah penerapan teknik layanan informasi dapat meningkatkan disiplin anak di TK Handayani Tabulo Kecamatan Mananggu Kabupaten Boalemo. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan teknik layanan informasi dalam meningkatkan disiplin anak di TK Handayani Tabulo Kecamatan Mananggu Kabupaten Gorontalo.

            Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan data adalah observasi, tes kongnitif dan wawancara.

Hasil  penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1) Teknik layanan informasi merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk melatih dan meningkatkan disiplin anak. Dengan teknik informasi, guru dapat menjelaskan bentuk-bentuk disiplin kepada anak, daya nalar anak untuk menerapkan disiplin disekolah dan yang paling utama yakni teknik informasi dapat membantu anak untuk memberikan perubahan positif  dan kesadaran personalnya terhadap penerapan disiplin. 2) Peningkatan Disiplin anak melalui tekhnik layanan informasi di TK Handayani Tabulo berjalan kondusif hal ini di dukung oleh teknik yang diberikan oleh guru sesuai dengan kondisi jiwa anak usia dini. 3) Kendala peningkatan disiplin melalui teknik layanan informasi yaitu siswa belum mengerti akan arti dari disiplin sekolah sehingga butuh penjelasan yang lebih mendalam oleh guru dengan menggunakan teknik layanan informasi.
Saran dalam penelitian ini adalah: 1) Kepada pihak sekolah untuk menyediakan fasilitas belajar khususnya media teknik layanan informasi, yaitu cart dan alat peraga yang dapat membantu anak dalam peningkatan disiplin. 2) Disarankan kepada setiap guru untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran anak usia dini. 3) Diharapkan kepada pemerintah untuk lebih aktif meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan peningkatan mutu guru agar kualitas pembelajaran dapat tercapai.

No comments:

Post a Comment