Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

PROMOSI JABATAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO



ABSTRAK
Widyawaty Nawai. 2012. Promosi Jabatan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Se Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fadliah M.Si, dan Pembimbing II Dr. Arwildayanto, M.Pd.
Tujuan penelitian yaitu: untuk mengetahui persyaratan administrasi, kemampuan akademik, keterampilan dalam proses belajar mengajar, kepercayaan diri, dan kemampuan bekerja sama calon kepala sekolah dalam promosi jabatan kepala sekolah dasar se kecamatan Tibawa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data angket, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu : Persyaratan administrasi calon kepala sekolah, Kemampuan akademik, Keterampilan dalam proses belajar mengajar, dan Kemampuan bekerja sama calon kepala sekolah dalam promosi jabatan kepala sekolah dasar se kecamatan Tibawa telah terlaksana dengan kategori efektif. Sedangkan Kepercayaan diri dalam promosi jabatan kepala sekolah dasar se Kecamatan Tibawa berada pada kategori cukup efektif.
Untuk itu disarankan: 1) Bagi sekolah, hendaknya  dapat memberikan kontribusi yang berharga dengan mengusulkan calon kepala sekolah atau memberikan input guru yang berpretasi sehingga dapat menghasilkan kepala sekolah yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap kepemimpinan pendidikan di Kecamatan Tibawa, 2) Bagi dinas pendidikan, hendaknya dalam melaksanakan promosi jabatan kepala sekolah sesuai dengan standar operasional prosedur sehingga dapat menghasilkan kepala sekolah yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap kepemimpinan pendidikan di Kecamatan Tibawa, 3) Bagi kepala sekolah agar lebih mengkaji dan memperhatikan persyaratan promosi kepala sekolah sehingga menjadi acuan untuk meningkatkan kinerja serta manajerial kepemimpinan, 4) Bagi peneliti, dapat memperluas wawasan yang berkaitan dengan sistem promosi jabatan Kepala Sekolah sehingga menjadi acuan dalam meningkatkan prestasi sebagai guru untuk dipromosikan menjadi kepala sekolah, 5) Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk terus mengkaji promosi jabatan kepala sekolah dengan menitik beratkan pada proses rekrutmen kepala sekolah.



Kata Kunci : Promosi, Kepala Sekolah 


No comments:

Post a Comment