Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KEWAJIBAN MENGGUNAKAN JILBAB DI MTs. AL-KHAIRAAT SALILAMA KEC. MANANGGU KAB. BOALEMO



ABSTRAK

Iyam Tamamu, 2012. “Persepsi peserta didik terhadap kewajiban menggunakan jilbab di MTs. Alkhairaat Salilama Kec. Mananggu Kab. Boalemo”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I) DR. Hj. Supi’ah, M.Pd,  (II) Burhanuddin AK. Mantau, M.Pd.I.
 

Kata-kata kunci : Persepsi, Peserta Didik, Jilbab

            Skripsi ini membahas tentang Persepsi peserta didik terhadap kewajiban menggunakan jilbab di MTs. Alkhairaat Salilama Kec. Mananggu Kab. Boalemo. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penggunaan jilbab pada peserta didik MTs. Alkhairaat Salilama Kec. Mananggu Kab. Boalemo, 2) Bagaimanakah persepsi siswa terhadap kewajiban menggunakan jilbab di  MTs. Alkhairaat Salilama Kec. Mananggu Kab. Boalemo. Adapun tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui penggunaan jilbab pada peserta didik MTs. Alkhairaat Salilama Kec. Mananggu Kab. Boalemo dan Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kewajiban menggunakan jilbab di  MTs. Alkhairaat Salilama Kec. Mananggu Kab. Boalemo.
            Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
            Hasil  penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1) Penggunaan jilbab pada siswi di MTs. Alkhairaat Salilama berbeda-beda. Ada siswi yang menggunakan jilbab karena memang memahami ajaran Islam tentang perintah menutup aurat, dan ada juga yang belum memahami perintah ajaran Islam tentang penggunaan jilbab. Kedua perbedaan ini berdampak pada model penggunaan jilbab itu sendiri. Artinya bahwa bagi siswi yang memahami betul ajaran Islam tentang penggunaan jilbab maka penggunaannya pun sesuai dengan tuntunan al-Qur’an, akan tetapi bagi siswi yang belum memahami substansi busana muslimah, maka penggunaan busana muslimah hanya sebatas menggunakan jilbab, itu pun belum sesuai dengan tuntunan al-Qur’an. 2) Persepsi siswa tentang kewajiban menggunakan jilbab hanya sebatas kewajiban menggunakan jilbab di sekolah karena takut mendapatkan sanksi namun disisi lain terdapat siswa yang memahami bahwa kewajiban menggunakan jilbab diharuskan dalam agama Islam namun karena faktor iman atau penahanan diri untuk melepaskan jilbab belum mampu dibendung sehingga kadangkala para siswa melepaskan jilbabnya karena alasan panas atau gerah walaupun mereka mengetahui bahwa menggunakan jilbab itu wajib dilaksanakan.

No comments:

Post a Comment