Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

PROGRAM KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDN 1 ILOMATA KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO



ABSTRAK

Lisda Ibrahim. 2012. Program Kepala Sekolah Dalam Membentuk Kerakter Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 01 Ilomata Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asrin,M.Pd dan Pembimbing II Arifin.,S.Pd. M.Pd.

Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui program pembentukan karakter siswa melalui kegiatan akademik  dan untuk mengetahui program pembentukan karakter siswa melaui kegiatan non akademik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Program pembentukan karakter siswa melalui kegiatan akademik yaitu dengan Pengembangan strategi dan metode pembelajaran melalui rencana program strategi pembelajaran membentuk disiplin belajar dan kerja keras, dalam upaya untuk membentuk karakter siswa metode sosiodrama pada mata pelajaran yang diaggap dapat membentuk karakter tauladan tokoh karakter dan kreatif juga dapat membentuk karakter membentuk mental siswa dan rasa ingin tahu.
Pembentukan karakter siswa melalui kegiatan non akademik yaitu Pengembangan karakter melaui pembinaan mental dan spiritual serta pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk kegiatan dalam bentuk shalat dzuhur berjamaah di sekolah dapat membentuk karakter religious siswa, Penegakan Tatakrama dan Tata Tertib Sekolah menjadikan siswa lebih komunikatif dan bersahabat dengan siapa saja, Kegiatan kepramukaan dapat membentuk karakter siswa yang peduli sosial dan peduli lingkungan, Gerak Jalan dan Upacara Bendera dapat membentuk karakter siswa yang Cinta Tanah Air dan memiliki Semangat Kebangsaan.
Adapun saran dalam penelitian ini adalah: 1) Bagi kepala sekolah agar lebih memaksimalkan strategi dan  program yang diadakan di sekolah melalui pendaya gunaan tenaga guru agar terwujudnya pendidikan yang berkarakter, 2) Bagi guru hendaknya mendukung pelaksanaan program kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dengan ikut terlibat pada kegiatan berlangsung, 3) Bagi siswa hendaknya mendukung dan mengikuti dengan bersungguh-sunguh kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah baik kegiatan yang akademik maupun non akademik.

Kata Kunci : Program Kepala Sekolah, Karakter Siswa




DAFTAR PUSTAKA
Abd Kadim Masaong dan Ansar. 2010. Manajemen Berbasis Sekolah (Teori, Model dan Implementasi). Malang. Nurul Jannah
Adi Suparto.Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Manajemen Konflik Dengan Pendekatan Kecerdasan Emosional Pada Satuan pendidikan Dasar http://utsurabaya.files.wordpress.com/2010/08/adi-kepemimpinan-transformatif.pdf (diakses 06/12/2011)
Hendry Clay Landgren, 1980. Educational Psychology in the Classroom, New York: Ed. 6
Hoetomo, 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Mitra Pelajar,
Kusnandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo
Maman Ukas. (2004). Manajemen. Bandung: Agini
Marzuki. Faisal, 2003. MBS Dapat Meningkatkan Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah: Analisis Manajemen Berbasis Sekolah, “Fasilitator” Edisi III. Jakarta: Grafindo.
Miftah Toha, (2003). Kepemimpinan dalam Manajemen, Jakarta: PT Raja Grafindo.
Muhaimin., Akhmad Azzet. 2007. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia Yogyakarta:  Ar-Ruzz Media,
Muhammad Surya. Organisasi profesi, kode etik dan Dewan Kehormatan Guru.    Jatinangor: Alqaprint
Mursyid, Media Peduli Pendidikan http://mmursyidpw.files.wordpress.com/2010/05/ kompetensi-kepala-sekolah1.pdf(diakses 06/12/2011)
Pius Partanto, 2001. Psikologi Pendidikan, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Puskur.  Balitbang. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.
Rahman. (2006). Peran Strategis Kapala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jatinangor: Alqaprint
Sadili Samsudin. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia
Samani, Muchlas dan Hariyanto, 2011. Konsep dan Model; Pendidikan Karakter, Bandung: Rosdakarya
Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007
Soekarto Indara Fachrudi. (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah yang efektif. Bogor: Ghalia Indonesia
Sudarwan Danim. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kepandidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sutisna, Oteng., 2000. Administrasi Pendidikan: Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional, Cet. 10, Bandung: Angkasa.
Syaiful Sagala. (2002). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Wahjosumidjo. (2002). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Weni Hulukati dan Abd. Kadir Husain, Perkembangan Siswa (Bahan Ajar), Gorontalo: UNG, 2007
 

No comments:

Post a Comment