Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Friday, May 30, 2014

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN GASTRITIS PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD PROF.DR.H.ALOEI SABOE KOTA GORONTALO BULAN MEI TAHUN 2007


Oleh: SRIYULAN ARMAN BADU


Gastritis merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai di klinik penyakit dalam pada umumnya. Kita ketahui penyakit gastritis ini dibagi menjadi gastritis akut dan gastritis kronik. Namun keduanya tidak saling berhubungan, gastritis kronik bukan merupakan kelanjutan gastritis akut. Dari sumber yang menyebutkan bahwa orang yang menderita penyakit gastritis sekitar 25% dari populasi atau 1 dari 10 orang yang mengalami gastritis (Anonim, diakses 10 Mei 2003).
Jenis penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional yakni untuk melihat faktor yang berhubungan dengan kejadian gastritis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di RSUD Prof. Dr. Saboe kota gorontalo pada bulan mei tahun 2007. teknik pengambilan sampel secara nonrandom sampling dengan metode accidental sampling yaitu responden yang ditemukan pada saat penelitian yang menderita maupun tidak menderita penyakit gastritis. Adapun sampel sebanyak 144 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner pada pasien rawat inap, sedangkan pengolahan dan analisis data dilakukan secara manual dengan menggunakan kalkulator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik terdapat ada hubungan tingkat pengetahuan dengan kejadian gastritis yang diperoleh dari nilai x² hitung 6,88 > x² tab 3,84. jumlah frekwensi makan responden yang kurang 32,7% sedangkan 26,3% mempunyai frekwensi makan yang cukup, hal ini dapat dilihat dari nilai x² hitung 0,99 > x² tab 3,84 ini berarti tidak ada hubungan frekwensi makan responden dengan kejadian gastritis. Sedangkan jenis makanan dalam penelitian ini mempunyai hubungan dengan kejadian gastritis, dapat dilihat dari nilai yang diperoleh dari x² hitung 20,72% > x² tab 3,84. Untuk menanggulangi penyakit gastritis dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan kesehatan untuk menanggulangi berbagai permasalahan kesehatan yang ada terutama gastritis.

No comments:

Post a Comment