Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

PERAN MASYARAKAT PESISIR DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AS-SABIRIN BUBAA



ABSTRAK

Asri Polutu, 2012. Peran Masyarakat Pesisir dalam Pembentukan Kepribadian Muslim di MI As-sabirin Bubaa”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing (I)  Momy A. Hunowu, M.Si,  (II) Mohamad Paputungan, M.Si.
 

Kata-kata kunci : Masyarakat Pesisir, Kpribadian Islam Siswa.

Skripsi ini membahas tentang Peran Masyarakat Pesisir dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di MI As-sabirin Bubaa. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui  peran masyarakat pesisir terhadap pembentukan kepribadian Islam siswa di Madrasah Ibtidaiyah As-Sabirin Buba dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat masyarakat pesisir terhadap pembentukan kepribadian Islam siswa di Madrasah Ibtidaiyah As-Sabirin Bubaa.

            Metode dalam penelitian ini adalah metode kulitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil  penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1) Peran masyarakat pesisir belum efektif dalam pembentukan kepribadian siswa khususnya mengenai sarana prasarana Masyarakat pesisir bubaa belum memiliki fasilitas listrik hal ini tentunya tidak efektif bagi siswa, siswa yang seharusnya belajar atau mendapatkan bimbingan dari orang tua pada malam hari sangat sulit untuk dilaksanakan bahkan jarang terlihat siswa belajar pada malam hari. Dalam masyarakat pesisir bahwa teman sebaya merupakan salah satu pengaruh dalam pembentukan kepribadian anak. berteman dengan anak yang baik maka akan menjadi baik juga. Tapi sebaliknya berteman dengan anak-anak yang tidak baik perilakunya maka akan menjadi tidak baik juga. Sehingga teman sepermainan ini dapat mempengaruhi kepribadian dari anak, maka dalam hal ini diperlukan upaya untuk memilih teman yang memiliki kepribadian yang baik. Kondisi lingkungan juga merupakan faktor penentu dalam pembentukan kepribadian Islam Siswa  Disekolah apalagi Lingkungan Masyarakat Pesisisir yang mata pencahariannya sebagian besar adalah Nelayan, dampak yang terasa terhadap siswa siswi MI As-sabirin yang mana orang tua mereka sebagian besar berprofesi sebagai nelayan apabila dalam mengikuti Pengajian kadangkala siswa kebanyakan tidak mengikuti kegiatan tersebut tetapi ikut melaut dengan orang tuanya serta boros dalam membelanjakan uang hasil tangkapan ikan yang berlimpah ruah dengan membeli barang barang yang mewah, seperti TV, Radio, dan Hanphone, sehingga kadangkala kewajiban dalam membayar uang sekolah sering terbengkalai, karena telah terpakai semuanya. 2) Faktor pendukung dan penghambat khususnya dalam lingkungan Masyarakat pesisir terhadap pembentukan kpribadian Islam Siswa dimadrasah Ibtidaiyah As-sabirin Bubaa, adapun faktor pendukung berdasarkan hasil penelitian yaitu dengan mengupayakan pembentukan Taman Pengajian (TPA) sehingga membentuk Kepribadian anak agar dapat mengetahui baca Tulis Alqur’an sebagai kewajiban mendasar sebagai muslim yang benar.adapun faktor penghambat yaitu; a) Karena rendahnya Tingkat pendidikan masyarakat pesisir khususnya yang ada di desa Bubaa Kecamatan Paguyaman pantai sehingga animo masyarakat terhadap kesadaran pentingnya pendidikan masih sangat rendah, b) Kurangnya kesadaran menjaga kebersihan disekitar pantai masyarakat pesisir hal ini dapat kita lihat pada pesisir pantai ynag kurang terawat, sampah berserakan dimana mana sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit menular.


DAFTAR PUSTAKA


Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Maarif, 1962.

Ahmad Rohani, Pengelolaan Pengajaran, Edisi Revisi Cet. Kedua; Jakarta: Rineka Cipta, 2004

Aludin Al-Ayubi, Sosiologi Masyarakat Pesisir, 2010.(Online), http://blog.beswandjarum.com/solehrifai/2009/07/03/sosiologi-masyarakat-pesisir/., Diakses tanggal 3 November 2011.

Amru Khalid, Menjadi Mukmin yang Berakhlak, Terjemahan Oleh: Sari Narulita LC. Jakarta:  Qisthi Press,  2005

Azhari. Penyusunan Pola Pendidikan Bagi Petani Nelayan. Jakarta: Pustaka Quantum. 2002.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang; Karya Toha Putra Semarang, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007

E. Koswara, Teori-Teori Kepribadian, Bandung: Eresco, 1991.

Feisal, Jusuf Amir, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta, Gema Insan Press 1995.

H. Hartomo, Ilmu Sosial Dsar. Edisi. I Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Hamalik,  Oemar. Lingkungan dan pendidikan, Jakarta: Bumi Persada, 1999.

_____________., Proses Belajar Mengajar, Cet. III; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004

Hamzah, Andi, Pergeseran Nilai Pendidikan pada Masyarakat Post Modernisme, Jakarta:  Insan Press, 1998

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Edisi Revisi Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006

Ismail Yusanto M. dan Sigit Purnawan Jati, Membangun Kepribadian Islam, Jakarta ; Khairul BAyan, 2002

Koentjaraningrat. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan, Jakarta: Gramedia, 2000

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Karya, 1986.

______________., Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. Cet. V: Jakarta: Remaja Rosdakarya Offet, 1990

______________., Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung ; Remaja Rosdakarya, 1995

Majelis Mujahidin Mencetak Pribadi Ilmu, (Online) www.majelismujahidin.co.id,  Diakses tanggal 5 Januari 2012.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Ed. Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004

Mudlor Achmad, Etika Dalam Islam, Surabaya: Al-Ikhlas, t.t.h

Nana Syaodih Sukmadinata,  Metode Penelitian Pendidikan,  Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Cet. IV, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Islam,  Cet. II, Bandung:  CV. Pustaka Setia, 1998.

Prof. Dr. Mudjahirin Thohir, M.A. Sosiologi Pedesaan  Masyarakat Jawa Pesisiran. (Online) http://staff.undip.ac.id/sastra/mudjahirin/2010/07/30/masyarakat-pesisir/. Diakses tanggal 7 Januari 2012.


Rokhmin Dahuri, Dkk. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Laut Secara Terpadu. Jakarta:  edisi ke-3 Penerbit PT. Paradnya Paramita , 2001

Saltout, Muhammad.  Pendidikan dan agama,  Bandung: Cet  2.t.th.

Siswojo Harjodipuro, Konsep Tridimensional Administrasi Pendidikan, Kumpulan Ceramah dan Saran Mengenai Pendidikan, Jakarta: IKIP Jakarta, 2005

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1980
Syafi’I,  Ahmad. Peta Bumi Intelektualitas Islam. Bandung : Mizan, 1994.

Yunus Namsa, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Ternate ; Pustaka Firdaus kerjasama dengan STAIN Ternate, 2000

Zakiah Darajat,  Ilmu Pendidikan dan lingkungan anak,  Jakarta, Bumi Aksara 1996

___________.,  Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara 1992.

 

1 comment:

  1. (SRI AGUSTINA SHOFIAN; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Blitar)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Blitar dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Blitar dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I. beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk DR.H.EDY WAHYONO SUWARNO PUTRO.SH.M.S.I.0813-2612-2555

    ReplyDelete