Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AYAT DEMI AYAT SURAT AL IKHLAS DALAM AL-QUR’AN MELALUI METODE DEMONSTRASI (Suatu Penelitian Tindakan di Kelas IV SDN 93 Sipatana Kota Gorontalo)



ABSTRAK

Suriyati J. Misilu., 2012. Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Ayat demi Ayat Surat al-Ikhlas dalam al-Qur’an melalui Metode Demonstrasi (Suatu Penelitian Tindakan di Kelas IV SDN 93 Sipatana Kota Gorontalo). Skripsi Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo Pembimbing: (I) Dra. Satria M.A. Koni, M.Pd (II) Hasyim Mahmud Wantu, M.Pd.I
 

Kata-kata kunci : Peningkatan, Membaca, Surat al-Ikhlas, Metode Demonstrasi

Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Ayat demi ayat Surat al-Ikhlas dalam al-Qur’an melalui Metode Demonstrasi (Suatu Penelitian Tindakan di Kelas IV SDN 93 Sipatana Kota Gorontalo). Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca ayat demi ayat surat al-Ikhlas pada anak kelas IV di SDN 93 Sipatana melalui metode demonstrasi..
Hasil penelitian dengan beberapa kesimpulan sebagai berikut; 1) Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca surat al-Ikhlas. 2) Metode demonstrasi cukup efektif digunakan di SDN 93 Sipatana khususnya pada siswa kelas IV dengan hasil; Dari aspek Melafalkan surat al-Ikhlas dengan harakat dan mahraj yang benar siswa yang mampu 24 orang atau 85%, kurang mampu 4 orang atau 15%. Pada aspek Menerap hukum bacaan qalaqalah yang ada disurat al-Ikhlas, siswa yang mampu 25 orang atau  89%, kurang mampu 3 orang atau 11%. Sedangkan aspek membaca surat al-Ikhlas sesuai makhraj dan hukum bacaannya.rat al-Ikhlas, siswa yang mampu 25 orang atau 89%, kurang mampu 3 orang atau 11%. 3) Hasil penelitian tindakan pada siswa kelas IV SDN 93 Sipatana dapat menjawab hipotesis tindakan penelitian.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat prosedur penelitian yaitu persiapan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan analisis/refleksi.

Adapun yang menjadi saran dalam penelitian ini adalah; (1) Bagi SDN 93 Sipatana, disarankan untuk menggunakan metode demonstrasi dalam setiap pembelajaran, karena metode ini bukan hanya mampu meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi tapi juga untuk membiasakan siswa mengaplikasikan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.; (2) Seorang guru hendaknya memahami betul kondisi siswa yang dihadapinya, sehingga menjadi dasar dalam melakukan proses pembelajaran yang lebih baik.;

No comments:

Post a Comment