Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Tuesday, May 27, 2014

SEMANGAT KERJA GURU DI SMP NEGERI 1 TIBAWA KABUPATEN GORONTALO



ABSTRAK

Lisna Suleman. 2012. Semangat kerja guru di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program Studi Manajemen Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Ansar Made, M.Si dan Pembimbing II Arifin, M.Pd.

Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui semangat kerja guru dalam bidang administrasi sekolah di di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. dan  untuk mengetahui semangat kerja guru dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo.

Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif  dengan pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian yaitu; 1) Semangat kerja guru dalam bidang administrasi sekolah di di SMP Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo kemauan dari setiap guru untuk selalu hadir di sekolah, saling bekerja sama dengan giat dan disiplin yaitu: a) Presensi guru di sekolah telah berada pada kategori yang tinggi. Yaitu dari segi Guru hadir dalam Apel Pagi yang diadakan di Sekolah, Guru datang setelah jam pelajaran di mulai dan pulang sebelum jam pelajaran berakhir, Guru hadir apabila mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan atau acara dalam instansi telah berjalan baik, b) Disiplin guru di sekolah telah berada pada kategori yang tinggi. Walaupun di sisi lain beberapa skor terlihat cukup tinggi, namun dengan adanya pengelolaan kepala sekolah serta yang utama dibarengi dengan semangat untuk bekerja maka kedisiplinan dapat dijalankan,
Semangat kerja guru dalam kegiatan pembelajaran yaitu pada indikator Kerjasama guru di sekolah telah berada pada kategori yang cukup tinggi. Yaitu guru kurang memiliki kegigihan dalam memperjuangkan sasaran kendati ada halangan dan kegagalan, Melakukan interaksi ke sesama guru bila terjadi kesulitan dalam pembelajaran namun Guru tidak ragu dan bertanya terhadap sesamanya bila ada yang kurang dimengerti, 4) Tanggung jawab guru di sekolah telah berada pada kategori yang cukup tinggi, 5) Produktivitas kerja guru di sekolah telah berada pada kategori yang cukup tinggi. Melakukan interaksi ke sesama guru bila terjadi kesulitan dalam pembelajaran, Guru tidak ragu dan bertanya terhadap sesamanya bila ada yang kurang dimengerti.
Adapun saran dalam penelitian ini adalah; 1) Bagi kepala sekolah agar memaksimalkan pengelolaan yang dilakukan di sekolah sehingga semangat kerja guru dapat dipertahankan, 2) Bagi guru hendaknya lebih mendukung segala program yang dilaksanakan di sekolah sehingga manajemen kepemimpinan kepala sekolah dapat berjalan dengan lebih baik. 3) Disarankan kepada peneliti selanjutnyan untuk mengkaji faktor lain yang kiranya dapat mempengaruhi semangat kerja guru khususnya di SMP Negeri 1 Tibawa.

Kata Kunci : Semangat Kerja



DAFTAR PUSTAKA
Ali Imron, 1995. Pembinaan Guru di Indonesia. Cet.I; Jakarta: PT. Pustaka Jaya
Alma Buchari, 2011. Belajar Mudah Penelitian: untuk guru, karyawan dan peneliti pemula. Cet:7. Bandung Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, Cet. kedua. 1996.
Boardman, 1994. The Naturation of Public Administration. Alih Bahasa. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Farida, 1996. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta : Bina Ilmu
Forsyth. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Gramedia
Hakim, Lukmanul. 2008. “Perencanaan Pembelajaran”. Bandung: CV. Wacana Prima.
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara
House dan Rizzo. 2002. Manajemen Organisasi. Jakarta : Rineka Cipta
Kunandar. 2010. Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas Sebagagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Persada
Luthans, 2003. Reinventing Goverment. Alih Bahasa. Jakarta : Girimukti Pustaka
Mahmud Yunus, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran Hasil Kuliah pada IAIN Jakarta) Jakarta: Hidakarya Agung, t.th. 2003.
Moh. Uzer Usman, 2001. Menjadi Guru Profesional Jakarta: Rosdakarya
Nawawi 2004. Manajemen Strategik Organisasi. Jakarta : Gramedia
Nawawi, Hadari. 2006. Kepemimpinan Mengefektikan Organisasi. Yokyakarta: Gadjah Mada Uneversity Press
Piet A. Sahertian, 1994. Profil Pendidik Profesional. Cet. I; Jakarta: Offset
Sahertian, Piet.  2000. “Supervisi Pendidikan (Pengembangan SDM)”, Cet. I; Jakarta : Rineka Cipta.
Saud, Udin Syaefudin Saud. 2010. Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods): Bandung: Alfabeta
Sulthon, M. Pd, 2009. Membangun Semangat Guru, Jakarta, Central Media.

 

No comments:

Post a Comment