Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Wednesday, June 1, 2011

Teknologi Pendidikan


1.Pengertian Teknologi pendidian
A.Definisi teknologi pendidikan
            Teknologi pendidikan adalah sesuatu yang  berupa mesin atau hal-hal yang berkaitan dengan permesinan, namun sesungguhnya teknologi pendidikan memiliki makna yang lebih luas, karena teknologi pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide, prosedur, dan pengelolaannya, kemudian pengertian tersebut akan lebih jelas dengan pengertian bahwa pada hakikatnya teknologi adalah penerapan dari ilmu atau pengetahuan lain yang terorganisir ke dalam tugas-tugas praktis. Keberadaan teknologi harus dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dan teknologi tidak dapat dipisahkan dari masalah, sebab teknologi lahir dan dikembangkan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh manusia.  
B.Karakteristik Teknologi Pendidikan
            Karakteristik teknologi pendidikan yaitu ada masalah-masalah dalam pendidikan, baik berkaitan dengan sarana dan prasarana, kurikulum, pendidik, peserta didik dan lain sebagainya.
C.Tujuan Teknologi Pendidikan
Tujuan teknologi pendidikan adalah pemanfaatan teknologi (soft-technology maupun hard-technology) untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia, selain itu  teknologi pendidikan juga berupaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. Yang  jelas, tujuan utamanya masih tetap untuk memfasilitasi pembelajaran dan kegiatan manusia lainnya (agar efektif, efisien dan menarik) dan meningkatkan kinerja.
D.Manfaat Teknologi Pendidikan
Manfaat teknologi pendidikan diantaranya yaitu bisa memecahkan masalah-masalah manusia dalam hal ini pendidikan, selain itu manfaanya untuk mempermudah urusan atau aktifitas manusia.
E.Ruang Lingkup Teknologi Pendidikan

            Ruang lingkup teknologi pendidikan diantaranya yaitu, ada masalah dalam pendidikan, ada cara menyelesaikan masalah(solusi) , dan ada  tujuan  yang jelas.

No comments:

Post a Comment