BAB
I
PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Pendidikan sebagai
usaha sadar untuk memanusiakan manusia, agar menjadi manusia yang manusiawi,
memiliki kesadaran atau kedewasaan dalam realitas kehidupan. Ruppet C Lodge
menyatakan bahwa pendidikan adalah hidup dan hidup adalah pendidikan.[1]
Dipandang dari sudut kehidupan berbangsa, pendidikan diartikan sebagai proses
dimana suatu bangsa atau negara membina dan mengembangkan kesadaran diri di
antara individu-individu. Dengan kesadaran tersebut suatu bangsa atau negara
dapat mewariskan kekayaan budaya atau pemikiran kepada generasi berikutnya,
sehingga menjadi inspirasi bagi mereka dalam setiap aspek kehidupan.[2]
Berangkat
dari pemikiran ini, Ignas Kleden menyatakan bahwa manakala suatu negara
mengalami kegoncangan, krisis yang berkepanjangan, maka yang paling esensi dari
masalah tersebut adalah bagaimana sistem pendidikan nasional di negeri
tersebut.[3]
Konsekwensi dari tudingan tersebut harus diterima oleh dunia pendidikan,
mengingat bahwa persoalan suatu bangsa baik politik, ekonomi, sosial budaya,
maupun intelektual adalah persoalan manusia, sedangkan persoalan manusia (SDM)
adalah persoalan pendidikan.
Bahwa
kehidupan selalu bergerak, bukan hanya persoalan gerak rotasi dan evolusi bumi
yang berputar pada porosnya, namun juga segala aspek kehidupan, secara dinamis
bergerak dan berubah bahkan mencapai tingkat yang tidak dapat diprediksikan.
Perubahan tersebut yang terus berkembang merupakan tantangan dunia pendidikan
untuk turut pula meresponi dan mengatasi problematika yang ditimbulkan oleh
perubahan demi perubahan tersebut.
Membahas
tentang pendidikan maka kita akan membicarakan tentang kurikulum yang
diberlakukan dalam sebuah sistem pendidikan. Karena kurikulum merupakan alat
yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang
sesuai dan tepat, sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang
diinginkan.
Dalam
sejarah baru pendidikan di Indonesia
sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang tujuannya
sudah tentu untuk menyesuaikannya dengan perkembangan dan kemajuan zaman, guna
mencapai hasil yang maksimal.
B.
Rumusan
Masalah
Makalah ini membahas tentang bagaimana Pengembangan kurikulum pendidikan
Agama Islam di Sekolah? Adapun di bagi menjadi beberapa sub-sub masalah yaitu:
- Hakikat Kurikulum?
- Pengertian Pendidikan Agama Islam?
- Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam?
Bersambung ....
REFERENSI (Ket. Footnote)
[1]
Mohon maaf Kami Tidak Dapat Menampilkan Referensinya, Silahkan Anda
Masukan Link Alamat Ini Sebagai Referensinya : Contoh " Pondok Mahasiswa, JUDUL POSTING, (Online ) LINK, Diakses tanggal ...............201...,.
[2]
Bila anda memang memerlukan suatu bahan materi ataupun
(Tesis/Skripsi/Makalah) yang sudah jadi yang mempunyai Referensi Buku
yang Jelas, Maka Silahkan Hubungi no. Hotline Kami 081340102992, namun
sebelumnya dengan mentranfer uang Rp. 50.000, ke No.
Rekening BRI : 5133-01-000526-50-1. Materi (Tesis, Skripsi, tersebut
akan di Format "Zip Archip" dan langsung dikirimkan ke email anda.
KEPERCAYAAN MODAL UTAMA PONDOK MAHASISWA
No comments:
Post a Comment