1.Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam
*Kepemimpinan dan Manajemen
Kepemimpinan dan Manajemen memiliki kaitan erat,Manajemen (manajer) selalu diasosiasikan dengan rasionalitas penapaian tujuan.kinerja manajer lebih di fokuskan kepada pencapaian tujuan,tanpa perlu memperhatikan penerimaan sosial atas kehadirannya.pemimpin sebaliknya,ia tidak hanya mementingkan ketercapaian tujuan tetapi juga peduli pada sisi penerimaan sosial.
Berikut ini akan di jelaskan lebih terperinci apa perbedaan manajer dengan pemimpin:
# Manajer
1. Administrater (menjalankan)
2. Meniru
3. Fokus pada sistem dan struktur
4. Mengacu pada control
5. Pandangan jangka pendek
6. Bertanya bagaimana dan kapan
7. Lebih mengacu pada hasil akhir
8. Menerima dan menjaga status quo
9. Efisiensi
# Peemimpin
1. innovate (berinovasi)
2. Memulai
3. Fokus pada manusia
4. Mengacu pada saling percaya
5. Perspektif jangka panjang
6. Bertanya apa dan mengapa
7. Mengacu pada keluasan wawasan
8. mempetanyakan status quo
9. Efektifitas
*Konsep Kepemimpinan Pendidikan
Istilah kepemimpinan pendidikan mengandung dua pengertian, dimana kata “Pendidikan” menerangkan apa dan dimana menerangkan di lapangan apa dan dimana kepemimpinan itu berlangsung,dan sekaligus menjelaskan pula sifat ataw ciri-cir kepemimpinan,yaitu bersifat mendidik,membimbing dan mengombong.Sebagaimana kata pendidikan yang menunjukan arti yang dapat dilihat dari dua segi:
a. Pendidikan sebagai usaha atau proses mendidik dan mengajar seperti yang dikenal sehari-hari
b. Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan yang membahas sebagai masalah tentang hakikat dan kegiatan mendidik,mengajar dari zaman ke zaman atau yang membahas prinsip-prinsip dan berkembang begitu luas dan mendalam.
B.KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
1. Pengertian dan Peranan Kepala Sekolah
Keberhasilan suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah.karena ia merupakan pemimpin dilembaganya,maka ia harus mampu membawa lembaganya kearah tercapainya tujuan yangtelah ditetepkan,ia harus mampu meihat adanya perubahan serta mampu melihat masa depan dalam kehidupan global yang lebih baik.
Peran Kepala Sekolah dalam kepemimpinan adalah kepribadian dan sikap aktifnya dalam mencapai
Tujuan.Mereka aktif dan kreatif ,membentuk ide dari pada menanggapi untuk mereka.Kepemimpinan Kepala Sekolah cenderung mempengaruhi perubahan suasana hati,menimbulkan kesan dan harapan,dan tepat dalam keinginan dan tujuan kasus yang di tetapkan untuk urusan yang terarah.
2. Kualitas dan Kompetensi Kepala Sekolah
Secara garis besar kualitas dan kompetensi kepala sekolah dapat dinilai dari kinerjanya dalam mengaktualisasikan fungsi dan perannya sebagai kepala sekolah,yaitu meliputi:
a. Sebagai pendidik (edukator)agai Ino
b. Sebagai manajer
c. Sebagai administrator
d. Sebagai supervisor
e. Sebagai pemimpin
f. Sebagai inovator
3.Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah
1.Konsep Perilaku Kepemimpinan
Yulk dalam leadership in organizations dalam meminjam pendapat Blake dan Mouton (1990) menjelaskan bahwa perilaku pemimpin terhadap bawahan ada 4 bentuk perilaku,yakni:
- Ada yang lebih menekankan pada tugas
- Ada yang lebih mementingkan hubungan
- Ada yang mementingkan kedua-duanya
- Ada yang mengabaikan kedua-duanya
2.Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah
Perilaku kepemimpinan kepala sekolah misalnya dalam pembinaan guru dan bawahan dapat dilihat dari perilakunya dalam melakukan pembinaan dan pengembangan para guru dan bawahan itu.
C.PROFIL MANAJER PENDIDKAN ISLAM
1. Kemampuan sebagai pemimpin
2.Kemampuan sebagai pengelola
D.MANAJER
Manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen.Setiap manajer selalu melibatkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi,jika seseorang bekerja sendiri,dia bukan seorang manajer.
E.TIPE MANAJER
Tipe Manajer ,james A.R Edward Freeman membagi tipe-tipe Manajer sebagai berikut:
Berdasarkan jenjang atau tingkatan terdiri atas :
a. First line/Fine level Managers seperti Penyelia
b. Midle Manajers yang memimipin manajer lain bawahnya
c. Top Management yang menentukan kebijakan dan pedoman bagi organisasinya dalam berhubungan dengan pihak luar.
F.Keterampil
Menurut ROBERT L.KATS terdapat 3 macam keterampilan Manajer yaitu:
1. Technical Skill
2. Human Skill
3. Conceptual Skill
TUGAS TANYA JAWAB
1.Bagaimana hubungan antara kepemimpinan dan manajemen !
Jawab:
Kepemimpinan dan Manajemen memiliki kaitan erat,Manajemen (manajer) selalu di asosiasikan dengan rasionalitas pencapaian tujuan.kinerja manajer lebih difokuskan kepada pencapaian tujuan,tanpa perlu memperhatikan penerimaan sosial atas kehadirannya.pemimpin sebaliknya,ia tidak hanya mementingkan ketercapaian tujuan tetapi juga peduli pada sisi penerimaan sosial.
2.jelaskan peran kepala sekolah dalam kepemimpinan !
JAWAB:
Peran kepala sekolah dalam kepemimpinan adalah kepribadian dan sikap aktifnya dalam mencapai tujuan.mereka aktif dan kreatif,membentuk ide dari pada menanggapi untuk mereka.kepemimpinan kepala sekolah cenderung mempengaruhi perubahan suana hati,menimbulkan kesan dan harapan,dan tepat pada keinginan dan tujuan kasus yang di tetapkan untuk urusan yang terarah.
3.Sebutkan beberapa kualitas dan kompetensi kepala sekolah dalam mengaktualisasikan fungsi dan perannya sebagai kepal sekolah !
JAWAB:
a. Sebagai pendidik (edukator)
b. Sebagai manajer
c. Sebagai Administrator
d. Sebagai supervisor
e. Sebagai pemimpin
f. SebAGAI inovator
4.Bagaimana pendapat Nawawi (1994:82) tentang kepemimpinan pendidikan !
JAWAB:
Menurut Nawawi bahwa kepemimpinan pendidikan adalah proses menggerakkan mempengaruhi dan mengarahkan orang-orang didalam organisasi atau lembaga pendidikan tertentu untuk mencapai tujuan yang lebih di rumuskan sebelumnya.
5.Sebutkan 3 keterampilan dan peran manajer !
JAWAB:
a. Technical Skill
b. Human Skill
c. Conceptual Skill
No comments:
Post a Comment