BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Penilaian dalam KBK dan KTSP menganut prinsip penilaian berkelanjutan dan
komprehensif guna mendukung upaya memandirikan siswa untuk belajar, bekerja
sama, dan menilai diri sendiri. Karena
itu, penilaian dilaksanakan dalam kerangka penilaian
berbasis kelas (PBK). Dikatakan PBK
karena kegiatan penilaian dilaksanakan secara terpadu dalam kegiatan
pembelajaran.
PBK merupakan suatu kegiatan
mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar siswa yang dilakukan
oleh guru yang bersangkutan sehingga penilaian tersebut akan ”mengukur apa yang
hendak diukur” dari siswa. Hal ini perlu dilakukan bersama karena hanya guru
yang bersangkutan yang paling tahu tingkat belajar siswa yang diajarnya.
Prinsip penilaian berbasis kelas lainnya, yaitu tidak terpisahkan dari KMB,
menggunakan acuan patokan, menggunakan berbagai cara penilaian (tes dan
nontes), mencerminkan kompetensi siswa secara komprehensif, berorientasi kepada
kopetensi, valid, adil, terbuka, berkesinambungan, bermakna, dan mendidik.
Penilaian tersebut dilakukan, baik dalam bentuk tes tertulis (paper and
pencil tes), kinerja atau penampilan (performance), penugasan (project), hasil
kerja (product), maupun pengumpulan kerja siswa (portofolio). Setelah melakukan
serangkaian penilaian yang sesuai dengan prinsip-prinsip diatas, orang tua
siswa akan menerima laporannya secara komunikatif dengan menitikberatkan pada
kompetensi yang telah dicapai oleh anak disekolah.
Dalam prakteknya, PBK harus memerhatikan tiga ranah (domain), yaitu ranah
pengetahuan (kognitif), ranah sikap (afektif), dan ranah keterampilan
(psikomotor). Ketiga ranah ini dinilai secara proporsional sesuai dengan sifat
mata pelajaran atau materi pembelajaran yang akan dikenakan pada siswa.
B. Rumusan Masalah
Memperhatikan latar belakang
diatas, maka rumusan masalah pembahasan makalah ini difokuskan pada Sistem
Penilaian pada KTSP.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Penilaian Kinerja (performance)
Penilaian kerja adalah
penilaian berdasarkan hasil pengamatan penilai terhadap aktivitas siswa
sebagaimana yang terjadi. Penilaian biasanya digunakan untuk menilai kemampuan
siswa dalam berpidato, pembacaan puisi, diskusi, pemecahan masalah, partisipasi
siswa dalam diskusi, menari, memainkan alat musik, aktivitas olahraga,
menggunakan peralatan laboratorium, mengoperasikan suatu alat, dan aktivitas
lain yang bisa diamati/observasi.
Langkah-langkah yang dilakukan
dalam penilian kerja adalah sebagai berikut:
- Identifikasikan semua aspek penting.
- Tuliskan semua kemampuan khusus yang diperlukan.
- Urutkan kemampuan yang dapat dinilai dapat teramati dan tidak terlalu banyak.
- Apabila menggunakan rating scale perlu menggunakan kriteria untuk setiap pilihan (misalnya: apabila ..., cukup apabila ..., kurang apabila ...).
Penilaian kriteria dapat menggunakan dua
kemungkinan instrumen, yaitu
- Daftar cek (ya – tidak)
- Skala rentang (sangat kompeten – kompeten – agak kompeten – tidak kompeten).
B. Penilaian Penugasan (Proyek/project)
Penilaian penugasan atau proyek merupakan penilaian untuk mendapatkan
gambaran kemampuan menyeluruh/umum secara konstektual, mengenai kemampuan siswa
dalam menerapkan konsep dan pemahaman mata pelajaran tertentu. Penilaian
terhadap tugas yang menganddung investigasi harus selesai dalam waktu tertentu.
Investigasi terbagidalam bebrapa tahapan, yaitu perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan penyajian
data.
Penilaian dalam proyek terbagi atas dua, yaitu :
- Penilaian proyek yang menekankan pada proses, misalnya:
-
Merencanakan
dan mengorganissasikan investigasi.
-
Bekerja
dengan tim.
- Penilaian proyek yang menekankan pada produk, misalnya:
-
Mengidentifiksi
dan mengumpulkan informasi yang relevan.
-
Menganalisa
dan menginterpretasi data.
-
Mengomunikasikan
hasil.
C. Penilaian Hasil Kerja (produk/product)
Peniaian hasil kerja atau produk (product)
merupakan penilaian kepada siswa dengan mengontrol proses dan memanfaatkan/menggunakan
bahan untuk menghasilkan sesuatu, kera pratik atau kualitas estetik dari suatu
yang mereka produksi.
Penilaian produk akan menilai
kemampuan siswa dalam :
§
Bereksplorasi dalam mengembangkan gagasan dalam
mendesain.
§
Menggunakan alat.
§
Memilih bahn-bahan yang tepat.
§
Menunjukan inovasi dan kreasi.
§
Memilih bentukdan gaya dalam karya seni.
D. Penilaian Tes Tertulis (peper & pen)
Penilaian secara tertulis dilakukan dengan tes tertulis. Tes tertulis di
mana soal dan jawaban yang diberikan kepada peserta didik dalam bentuk tulisan.
Dalam menjawab soal, peserta didik tidak selalu merespons dalam bentuk menulis
jawaban, tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain, seperti memberi tanda,
mewarnai, menggambar, dan lain sebagainya.
Dalam menyusun instrumen penilaian
tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut:
o
Materi, misalnya kesesuaian soal dengan indikator pad
kurikulum.
o
Konstruksi, misalnya rumusan soal atau pertanyaan harus
jelas dan tegas.
o
Bahasa, rumusan soal tidak menggunakan kata/kalimat yang
menimbulkan penafsiran ganda.
E. Penilaian Portofolio
Portofolio merupakan kumpulan
hasil kerja siswa. Hasil kerja tersebut sering disebut artefak yang diperoleh
dari pengalaman atau proses pembelajaran siswa dalam periode waktu tertentu
yang kemudian diseleksi dan disusun menjadi satu portofolio. Dengan kata lain
portofolio adalah suatu koleksi pribadi hasil pekerjaan seorang siswa (bersifat
individual) yang menggambarkan (merefleksikan) taraf pencapaian, kegiatan
belajar, kekuatan dan pekerjaan terbaik siswa.
Tujuan dilakukan portofolio
bagi siswa antara lain sebagai berikut:
- Untuk penilaian formatif dan diagnostik siswa.
- Untuk memonitor perkembangan siswa dari hari ke hari, yang berfokus pada proses perkembangan siswa.
- Untuk memberika eviden (bukti) penilaian formal.
- Untuk mengikuti perkembangan pekerjaan siswa, yang berfokus pada proses dan hasil.
- Untuk mengoleksi hasil pekerjaan yang telah selesai, yang berfokus pada penilaian sumatif.
F. Penilaian Sikap
Penilaian sikap adalah penilaian perilaku dan keyakinan siswa terhadap
suatu objek, fenomena atau masalah. Penilaian ini dapat dilakukan dengan tiga
cara, yaitu a) Observasi perilaku, (tentang
kerja sama, inisiatif, dan perhatian), b)
Pertanyaan langsung, (tanggapan terhadap tata tertib sekolah yang baru), c)
Laporan pribadi, (pandangan tentang
“kerusuhan antar etnis”).
___________________________
REFERENSI
(Ket. Footnote)
[1]
Mohon maaf Kami Tidak Dapat Menampilkan Referensinya, Silahkan Anda Masukan
Link Alamat Ini Sebagai Referensinya : Contoh " Pondok
Mahasiswa, JUDUL POSTING, (Online ) LINK, Diakses tanggal ...............201...,.
[2]
Bila anda memang memerlukan suatu bahan materi ataupun (Tesis/Skripsi/Makalah)
yang sudah jadi yang mempunyai Referensi Buku yang Jelas, Maka Silahkan Hubungi
no. Hotline Kami 081340102992, namun sebelumnya dengan mentranfer uang Rp.
50.000, ke No. Rekening BRI : 5133-01-000526-50-1. Materi (Tesis,
Skripsi, tersebut akan di Format "Zip Archip" dan langsung
dikirimkan ke email anda.
KEPERCAYAAN MODAL UTAMA PONDOK MAHASISWA
No comments:
Post a Comment