A. Tekhnik Pemberian Skor
Penskoran merupakan langkah
pertama dalam proses pengolahan hasil tes pekerjaan siswa atau mahasiswa.
Penskoran adalah suatu proses pengubahan jawaban-jawaban tes menjadi angka-angka
(mengadakan kuantifikasi). Angka-angka hasil penskoran itu kemudian diubah
menjadi nilai-nilai melalui suatu proses pengolahan tertentu.
Penggunaan simbol untuk
menyatakan nilai-nilai itu, ada yang dengan angka, seperti angka dengan
rentangan 0-10, 0-100, atau 0-4, dan adapula dengan huruf A, B, C, D dan E.
Cara menskor hasil tes biasanya disesuaikan dengan bentuk soal-soal tes yang
dipergunakan apakah tes objektif atau tes essay. Untuk soal-soal objektif
biasanya setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu) dan setiap jawaban salah
diberi skor 0 (nol) ; total skor diperoleh dengan menjumlahkan skor dari semua
soal. Untuk soal-soal essay dalam penskorannya digunakan cara memberi bobot
(weighting) kepada setiap soal menurut tingkar kesukarannya atau banyak sedikitnya
unsur yang harus terdapat dalam jawaban yang dianggap paling baik.
Untuk penskoran soal-soal objektif sering digunakan rumus correction for guessing, atau disebut
juga sistem denda. Rumusnya adalah :
Untuk soal-soal multiple choice (pilihan
ganda)
Untuk soal-soal true false
( karena n – 1 – 1 )
Keterangan :
S = skor yang dicari
ΣR = jumlah soal yang dijawab benar
ΣW = jumlah soal yang dijawab salah
n = jumlah option (alternatif jawaban tiap soal)
1 = bilangan tetap
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pemberian skor ini sangat
penting untuk mendapatkan hasil pengolahan belajar siswa dan mahasiswa sehingga
kita dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penerimaan siswa terhadap
materi pelajaran yang diberikan.
B. Tekhnik Pengolahan Hasil Belajar
Untuk pengolahan hasil
belajar, kita harus melakukan pemisahan terhadap jenis soal-soal yang ada. Yaitu
untuk soal-soal essay dn soal-soal objektif. Untuk pengolahan soal-soal essay
dapat dilakukan dengan cara :
1.
Nilailah jawaban-jawaban soal essay yang dalam
hubungannya dengan hasil belajar yang sedang diukur.
2.
Untuk soal-soal essay dengan jawaban terbatas, berilah
skor dengan point method; gunakan
pedoman jawaban sebagai petunjuk.
3.
Untuk soal-soal essay dengan jawaban terbuka, nilailah
dengan rating method; gunakan
kriteria tertentu sebagai pedoman penilaian.
4.
Evaluasilah semua jawaban siswa soal demi soal, dan
bukan siswa demi siswa untuk menghindari halo
effect.
5.
Evaluasilah semua jawaban-jawaban soal essay tanpa
mengetahui identitas atau nama murid yang mengerjakan jawaban itu.
6.
Jika memungkinkan, mintalah dua atau tig orang guru
lain, yang mengetahui masalah itu untuk menilai tiap jawaban.
Sedangkan untuk mengolah tes objektif, dapat kita lakukan dengan cara :
- Fill-in dan completion (tes isian dan melengkapi). Rumusnya adalah S = R. S adalah skor terakhir atau yang diharapkan, R adalah jumlah isian yang dijawab betul.
- True-false (tes benar-salah). Rumus : atau S = R – W
- Multiple choice (tes pilihan gana)
- Matching (tes menjodohkan). Rumus : S = R
DAFTAR PUSTAKA
Purwanto, M. Ngalim., 2006.
Prinsip-prinsip dan Tekhnik Evaluasi
Pengajaran, cet. Ke-12, Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya
....................................................................................................................................................Maaf
....................................................................................................................................................Maaf
....................................................................................................................................................Maaf
....................................................................................................................................................Maaf
REFERENSI
(Ket. Footnote)
[1]
Mohon maaf Kami Tidak Dapat Menampilkan Referensinya, Silahkan Anda Masukan
Link Alamat Ini Sebagai Referensinya : Contoh " Pondok
Mahasiswa, JUDUL POSTING, (Online ) LINK, Diakses tanggal ...............201...,.
[2]
Bila anda memang memerlukan suatu bahan materi ataupun (Tesis/Skripsi/Makalah)
yang sudah jadi yang mempunyai Referensi Buku yang Jelas, Maka Silahkan Hubungi
no. Hotline Kami 081340102992, namun sebelumnya dengan mentranfer uang Rp.
50.000, ke No. Rekening BRI : 5133-01-000526-50-1. Materi (Tesis,
Skripsi, tersebut akan di Format "Zip Archip" dan langsung
dikirimkan ke email anda.
KEPERCAYAAN MODAL UTAMA PONDOK MAHASISWA
No comments:
Post a Comment