Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Thursday, October 20, 2011

Tekhnik Pemeriksaan Pemberian Skor Dan Pengolahan Hasil Belajar


A.    Tekhnik Pemberian Skor
Penskoran merupakan langkah pertama dalam proses pengolahan hasil tes pekerjaan siswa atau mahasiswa. Penskoran adalah suatu proses pengubahan jawaban-jawaban tes menjadi angka-angka (mengadakan kuantifikasi). Angka-angka hasil penskoran itu kemudian diubah menjadi nilai-nilai melalui suatu proses pengolahan tertentu.
Penggunaan simbol untuk menyatakan nilai-nilai itu, ada yang dengan angka, seperti angka dengan rentangan 0-10, 0-100, atau 0-4, dan adapula dengan huruf A, B, C, D dan E. Cara menskor hasil tes biasanya disesuaikan dengan bentuk soal-soal tes yang dipergunakan apakah tes objektif atau tes essay. Untuk soal-soal objektif biasanya setiap jawaban benar diberi skor 1 (satu) dan setiap jawaban salah diberi skor 0 (nol) ; total skor diperoleh dengan menjumlahkan skor dari semua soal. Untuk soal-soal essay dalam penskorannya digunakan cara memberi bobot (weighting) kepada setiap soal menurut tingkar kesukarannya atau banyak sedikitnya unsur yang harus terdapat dalam jawaban yang dianggap paling baik.
Untuk penskoran soal-soal objektif sering digunakan rumus correction for guessing, atau disebut juga sistem  denda. Rumusnya adalah :
Untuk soal-soal multiple choice (pilihan ganda)
Untuk soal-soal true false
( karena n – 1 – 1 )
Keterangan :
S         = skor yang dicari
ΣR       = jumlah soal yang dijawab benar
ΣW      = jumlah soal yang dijawab salah
n          = jumlah option (alternatif jawaban tiap soal)
1          = bilangan tetap

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pemberian skor ini sangat penting untuk mendapatkan hasil pengolahan belajar siswa dan mahasiswa sehingga kita dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penerimaan siswa terhadap materi pelajaran yang diberikan.
B.     Tekhnik Pengolahan Hasil Belajar
Untuk pengolahan hasil belajar, kita harus melakukan pemisahan terhadap jenis soal-soal yang ada. Yaitu untuk soal-soal essay dn soal-soal objektif. Untuk pengolahan soal-soal essay dapat dilakukan dengan cara :
1.      Nilailah jawaban-jawaban soal essay yang dalam hubungannya dengan hasil belajar yang sedang diukur.
2.      Untuk soal-soal essay dengan jawaban terbatas, berilah skor dengan point method; gunakan pedoman jawaban sebagai petunjuk.
3.      Untuk soal-soal essay dengan jawaban terbuka, nilailah dengan rating method; gunakan kriteria tertentu sebagai pedoman penilaian.
4.      Evaluasilah semua jawaban siswa soal demi soal, dan bukan siswa demi siswa untuk menghindari halo effect.
5.      Evaluasilah semua jawaban-jawaban soal essay tanpa mengetahui identitas atau nama murid yang mengerjakan jawaban itu.
6.      Jika memungkinkan, mintalah dua atau tig orang guru lain, yang mengetahui masalah itu untuk menilai tiap jawaban.
Sedangkan untuk mengolah tes objektif, dapat kita lakukan dengan cara :
  1. Fill-in dan completion (tes isian dan melengkapi). Rumusnya adalah S = R. S adalah skor terakhir atau yang diharapkan, R adalah jumlah isian yang dijawab betul.
  2. True-false (tes benar-salah). Rumus :  atau S = R – W
  3. Multiple choice (tes pilihan gana)
  4. Matching (tes menjodohkan). Rumus : S = R
DAFTAR PUSTAKA

Purwanto, M. Ngalim., 2006. Prinsip-prinsip dan Tekhnik Evaluasi Pengajaran, cet. Ke-12, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
....................................................................................................................................................Maaf
....................................................................................................................................................Maaf

REFERENSI (Ket. Footnote)
[1]  Mohon maaf Kami Tidak Dapat Menampilkan Referensinya, Silahkan Anda Masukan Link Alamat Ini Sebagai Referensinya : Contoh " Pondok Mahasiswa, JUDUL POSTING, (Online ) LINK, Diakses tanggal ...............201...,.
[2] Bila anda memang memerlukan suatu bahan materi ataupun (Tesis/Skripsi/Makalah) yang sudah jadi yang mempunyai Referensi Buku yang Jelas, Maka Silahkan Hubungi no. Hotline Kami 081340102992, namun sebelumnya dengan mentranfer uang Rp. 50.000, ke No. Rekening BRI : 5133-01-000526-50-1. Materi (Tesis, Skripsi,  tersebut akan di Format "Zip Archip" dan langsung dikirimkan ke email anda.
KEPERCAYAAN MODAL UTAMA PONDOK MAHASISWA 

No comments:

Post a Comment