Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Friday, April 12, 2013

Menulis Naskah


Salah satu kegiatan dalam menulis adalah menulis naskah. Menurut Suhadi (2007:15) bahwa menulis naskah adalah kegiatan yang berangkai dalam mengungkapkan hasil pikir dengan wahana dengan bahasa tulis disajikan kepada orang lain agar dimegerti maknanya. Selain itu menulis naskah adalah kegiatan untuk mengungkapkan ide dan pikiran secara sistematis. Seperti yang diungkapkan oleh Heuken (2008:7) bahwa naskah merupakan pengungkapan buah pikiran melalui tulisan. Orang harus belajar menyusun naskah yang baik dan teratur. Sebuah naskah yang baik mengandung isi yang dikemukakan secara sistematis dan menarik. Dengan kata lain bahwa, ide yang dikemukakan dalam bentuk naskah harus tersusun secara sistematis, sehingga dibutuhkan adanya suatu pemahaman untuk menyusun sebuah naskah. Oleh karena itu, dalam menyusun sebuah naskah harus melalui beberapa langkah dalam menulis naskah. Adapun langkah-langkah dalam menyusun naskah menurut Suhadi (2007:16) yaitu: [1]
-  Memilih materi naskah (topik),
-  Menentukan tema naskah (dasar),
-  Menentukan tujuan dan bentuk naskah, 
-  Menetapkan pendekatan tema,
-  Membuat bagan (kerangka),
-  Mampu memulai menulis,
-  Mampu membangun alinea, dengan rasa berkesinambungan,
-  Mampu menutup naskah dengan tepat,
-  Mampu membuat judul yang menantang dan sebagainya.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam menyusun sebuah naskah harus melalui langkah-langkah tersebut agar terbentuk sebuah naskah yang baik. Selain itu, ide dan pikiran yang diungkapkan tersusun secara sistematis, sehingga orang lain mengerti dan memahami isi dari naskah tersebut.
Adapun hasil dari menulis naskah adalah terbentuknya sebuah naskah. Naskah itu sendiri adalah sebuah karya tulis yang disusun berdasarkan sebuah tema  tertentu  dengan  memperhatikan  beberapa  syarat  tertentu  dalam penyusunannya. Naskah terdiri atas dua jenis, yaitu naskah yang ditulis berdasarkan  pengalaman  penulis  itu  sendiri,  serta  naskah  yang  ditulis berdasarkan subjek tertentu. 
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dalam menulis naskah yang baik dan sistematis harus melalui beberapa langkah sehingga naskah yang dihasilkan dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain. Jenis kedua jenis naskah yang dikemukakan, naskah itu sendiri dapat dipilih sendiri atau ditentukan oleh orang lain, baik naskah berdasarkan pengalaman penulisnya atau naskah berdasarkan subjek tertentu.

1 comment: