Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Sunday, December 18, 2016

"Arang Tampurung Nasibmu Tak Sehitam Warnamu"

Penelitian Arang Tempurung
Arang Tampurung di daerah nyiur melambai dikemas menjadi sebuah lagu, kini sudah tak asing bagi semua orang (Gunawan-Manado).
Maka untuk Bolaang Mongondow Selatan memiliki potensi Sumber Daya Alam yang besar yakni tampurung kelapa. Hal ini dapat dilihat dalam data BPS 2015 Produksi Kelapa terbesar di Bolaang Mongondow Raya ialah Bolaang Mongondow Selatan sebesar 15.115,38 Ton. 

Siapa sih,... yang tidak ingin mengharumkan nama daerah ditingkat Nasional bahkan internasional.

Oh,... Arang tampurung sampai kapan Engkau tidak diperhatikan semua orang, betapa pentingnya Engkau jika sudah diolah dengan baik serta dikemas sedemikian rupa. Mungkin butukan waktu untuk meyakinkan semua orang, Biarlah,... cepat atau lambat semua akan terjawab juga.

Sebagaimana dalam lirik lagu manado ‘itang-itang arang tampurung’ menujukan bahawa Arang tampurng benar-benar Hitam. Kali ini aku hadir dan akan membuatMU lebih baik sehingga Semua Orang tergila-gila padamu, Bahkan aku yakin Engau Jauh berharga dari pada Emas Sekalipun.

Memang Benar,... saat ini banyak orang diluar sana menghabiskan waktunya untuk mendapatkan Emas, meski meninggalkan keluarga (Istri dan si buah hati). Hanya ingin mendapatkan Emas walaupun nyawa bisa menjadi taruhan, karena tidak mudah untuk mendapatkan Emas. Mencari Emas harus membutuhkan Keberanian, Usaha dan Kerja Keras masuk dalam lubang yang dalam menembus Batu yang keras, bahkan terkadang di dalam lumpur sekalipun.

Semua orang tak punya kemanpuan yang sama, menjalani hal ini dimana Jauh dari keluarganya hanya persoalan Emas. Maka Arang Tapurung akan menjdi jawaban Anda yang selalu berusaha dan bekerja keras.


Penulis: Rinto Paputungan. (Sementara melakukan penelitian tentang arang tampurung)

Berikut Foto-foto penelitiannya.
















"SEMOGA BISA MENJADI INSPIRASI BAGI SAHABAT PONDOK MAHASISWA ".
Baca Juga:
Yakin Harumkan Nama Daerah Melalui Arang Tempurung.

No comments:

Post a Comment