Welcome to www.jamal.com
go to my homepage
Go to homepage
WELLCOME TO SITUS LO HULONDHALO

Wednesday, November 2, 2011

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Sekolah


BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Pendidikan sebagai usaha sadar untuk memanusiakan manusia, agar menjadi manusia yang manusiawi, memiliki kesadaran atau kedewasaan dalam realitas kehidupan. Ruppet C Lodge menyatakan bahwa pendidikan adalah hidup dan hidup adalah pendidikan.[1] Dipandang dari sudut kehidupan berbangsa, pendidikan diartikan sebagai proses dimana suatu bangsa atau negara membina dan mengembangkan kesadaran diri di antara individu-individu. Dengan kesadaran tersebut suatu bangsa atau negara dapat mewariskan kekayaan budaya atau pemikiran kepada generasi berikutnya, sehingga menjadi inspirasi bagi mereka dalam setiap aspek kehidupan.[2]
            Berangkat dari pemikiran ini, Ignas Kleden menyatakan bahwa manakala suatu negara mengalami kegoncangan, krisis yang berkepanjangan, maka yang paling esensi dari masalah tersebut adalah bagaimana sistem pendidikan nasional di negeri tersebut.[3] Konsekwensi dari tudingan tersebut harus diterima oleh dunia pendidikan, mengingat bahwa persoalan suatu bangsa baik politik, ekonomi, sosial budaya, maupun intelektual adalah persoalan manusia, sedangkan persoalan manusia (SDM) adalah persoalan pendidikan.
            Bahwa kehidupan selalu bergerak, bukan hanya persoalan gerak rotasi dan evolusi bumi yang berputar pada porosnya, namun juga segala aspek kehidupan, secara dinamis bergerak dan berubah bahkan mencapai tingkat yang tidak dapat diprediksikan. Perubahan tersebut yang terus berkembang merupakan tantangan dunia pendidikan untuk turut pula meresponi dan mengatasi problematika yang ditimbulkan oleh perubahan demi perubahan tersebut.
            Membahas tentang pendidikan maka kita akan membicarakan tentang kurikulum yang diberlakukan dalam sebuah sistem pendidikan. Karena kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat, sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan.
            Dalam sejarah baru pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali diadakan perubahan dan perbaikan kurikulum yang tujuannya sudah tentu untuk menyesuaikannya dengan perkembangan dan kemajuan zaman, guna mencapai hasil yang maksimal.

B.     Rumusan Masalah
            Makalah ini membahas tentang bagaimana Pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam di Sekolah? Adapun di bagi menjadi beberapa sub-sub masalah yaitu:
  1. Hakikat Kurikulum?
  2. Pengertian Pendidikan Agama Islam?
  3. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam?
Bersambung ....

REFERENSI (Ket. Footnote)
[1]  Mohon maaf Kami Tidak Dapat Menampilkan Referensinya, Silahkan Anda Masukan Link Alamat Ini Sebagai Referensinya : Contoh " Pondok Mahasiswa, JUDUL POSTING, (Online ) LINK, Diakses tanggal ...............201...,.
[2] Bila anda memang memerlukan suatu bahan materi ataupun (Tesis/Skripsi/Makalah) yang sudah jadi yang mempunyai Referensi Buku yang Jelas, Maka Silahkan Hubungi no. Hotline Kami 081340102992, namun sebelumnya dengan mentranfer uang Rp. 50.000, ke No. Rekening BRI : 5133-01-000526-50-1. Materi (Tesis, Skripsi,  tersebut akan di Format "Zip Archip" dan langsung dikirimkan ke email anda.
KEPERCAYAAN MODAL UTAMA PONDOK MAHASISWA 

No comments:

Post a Comment